Kamis, 15 Mei 2014

Random Post #3 : Home Sweet Home and How to be a CoW (Citizen of Wadaslintang)

Back again with another random post..

1. I’m hooommmeeee!! Gue sekarang lagi di salah satu belahan bumi bernama Wadaslintang. Alhamdulillah pagi ini bisa balik dengan selamat. Big thanks buat yang udah nganterin ke stasiun subuh tadi (sebenernya mau gue minta anterin sampe ke Wadaslintang,tapi terhalang keadaan,hhihihi). Naek prameks pagi-pagi,gue menghabiskan 75% waktu gue buat menjelma jadi siluman kebo,tidur sepanjang jalan. FYI,kalo mau ke Wadaslintang dari Solo,gue harus naek Prameks Solo-Kutoarjo,trus dari stasiun Kutoarjo kalo nggak dijemput gue bakalan naek bis kecil jurusan  Kutoarjo-Kebumen dan turun di terminal Prembun,dari terminal Prembun gue naek bis jurusan Prembun-Wonosobo kemudian turun di perbatasan desa Erorejo sama Karanganyar (yaps,nama desa gue sama kayak nama kabupaten sebelah Solo). Baru deh sampe di rumah gue. Perjuangan abissss!! Tadi pagi hidung gue harus berhadapan dengan cobaan berat di bis Prembun-Wonosobo. Pertama,ada ayam di bis! Keren banget kan,di Wadaslintang ayam aja naek bis,di Solo gue seumur-umur nggak pernah liat ayam naek BST. Kedua,ada orang pake minyak wangi ekstrak bunga kenanga,di kepala gue bunga kenanga itu identik sama orang mati,jadi gue berasumsi kalo si bapak yang pake minyak wangi bunga kenanga itu ingin merasa lebih dekat dengan kematian. Ketiga,ada orang semena-mena bawa bungkusan bakso di kendaraan umum. Ketiga cobaan tersebut harus gue hadapi : Bau ayam + Wangi bunga kenanga + Aroma bakso. Semoga hidung gue nggak pesek gara-gara harus mengendus tiga varian bau tersebut secara bersamaan. Tapi cobaan berat yang menimpa hidung gue terbayar saat gue menginjakan kaki di rumah gue sendiri. Home Sweet Home.

2. Pas lagi jalan dari tempat turun dari bis ke rumah (cuma beberapa ratus meter sih),gue menyadari sesuatu. Ada aturan nggak tertulis kalo kita jadi penduduk Wadaslintang,selanjutnya akan disebut CoW (Citizen of Wadaslintang). Jadi kalo kita masuk wilayah Wadaslintang,kita harus menjadi ekstra ramah dan harus menguasai ilmu basa-basi tingkat tinggi. Misal nih ya,kalian lagi jalan sendirian trus ngeliat orang lagi melakukan suatu hal di pinggir jalan,maka kalian harus mengucapkan kalimat dengan format


“(Nama kegiatan) , (Panggilan yang cocok buat orang tersebut)?”

Misal gue tadi pagi liat mbah-mbah lagi nyapu. Sebagai Citizen of Wadaslintang yang mempunyai jiwa sosial tinggi,gue pun menyapa... 

“Nyapu,mbah?”
kemudian an mbah-mbah tersebut membalas basa-basi gue dengan 

“Iya,bali Ka?” (Iya,pulang Ka?)
Garing banget kaann? Sebenarnya semua pertanyaan basa-basi itu bisa dijawab dengan dua kata...

“MENURUT ELOOOOO??!”

Tapi nggak apa-apa lah,semua basa-basi itu juga bagian dari kearifan lokal. Di kota-kota modern,mana ada kayak ginian.


Okay,cukup sekian random post kali ini.
Selamat bertermu di random post-random post berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...