Selasa, 14 Mei 2013

Review (sesat) Jurusan Teknik Kimia

Kadang-kadang manusia sampai pada suatu titik yang disebut bosan. Begitu juga gue,gue udah sering nge-review film,dan sekarang gue... bosan. Karena nge-review film gue anggap terlalu mainstream,munculah ide buat bikin review tentang jurusan gue,sebut saja,Teknik Kimia. Berhubung sekarang lagi pada heboh daftar kuliah,dan pasti masih ada yang bingung mau daftar jurusan apa.. setelah ini gue akan memberikan informasi tentang Teknik Kimia,kali aja ada yang tertarik jadi mahasiswa teknik kimia.

Apa sih Teknik Kimia itu?
Teknik Kimia adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari bagaimana proses mengubah bahan baku menjadi produk. Intinya sih gitu... Tapi nggak asal mengubah lho ya,ntar dikira Power Ranger! di teknik kimia,kalian bakalan mempelajari semua tetek bengek tentang proses "mengubah" tersebut. Mulai dari bahan-bahannya,alat-alatnya,reaksinya,dan semacamnya.

Trus kalo kita kuliah di jurusan teknik kimia itu kita ngapain aja sih?
Ya mempelajari ilmu teknik kimia lah. Nih gue kasih gambaran apa yang 'terjadi' di kampus gue.. 
Di semester awal-awal,mahasiswa bakalan mempelajari dasar-dasar ilmu teknik kimia,intinya pondasi buat mempelajari ilmu yang selanjutnya. Di semester satu,mahasiswa bakalan berkutat sama mata kuliah yang nggak beda jauh sama pelajaran pas masih SMA.. ada Kimia Analisis,Kimia Organik,Kimia Umum,Fisika Dasar,dan semacamnya. Walaupun keliatannya nggak penting,tapi ini bakalan jadi dasar buat kuliah kedepannya. Semester 2 juga mirip-mirip gitu,tapi mulai ada mata kuliah yang ke-teknik-kimia-an. Misalnya,"Neraca Masa dan Energi",trus ada lagi "Azaz Teknik Kimia". Semester tiga keatas,mahasiswa udah mulai masuk ke dunia yang bener-bener teknik kimia banget. Sejak semester tiga,gue mulai meragukan keabsahan nama 'Teknik Kimia' itu sendiri,pertanyaan gue pada saat itu adalah... "ini 'kimia'-nya di sebelah manaaa?? kok jadi jauh dari yang namanya kimia??"  yah,walaupun masih ada sih.. sedikit. Tapi teknik kimia itu lebih condong ke perkawinan silang (?) antara fisika dan matematika.
Mata kuliahnya pun mulai sangar-sangar namanya.. nih gue kasih contoh beberapa nama mata kuliah disini..
- Termodinamika Teknik Kimia (mata kuliah legendaris,semacam 'darah'nya teknik kimia)
- Operasi Teknik Kimia
- Perancangan Proses
- Perpindahan Panas
- Utilitas
dan masih banyak lainnya.

Trus kalo udah kuliah,ujung-ujungnya disuruh ngapain sih?
Hampir di seluruh jurusan teknik kimia di Indonesia,tugas akhirnya adalahh... jreng jrenggg...

"MERANCANG PABRIK"

yang dimaksud disini bukan pabrik tempe,tahu,krupuk atau semacamnya ya! pabrik yang dibikin itu pabrik kimia (ato pabrik yang memproduksi bahan kimia). 

Kuliahnya susah nggak sih?
Absolutely,SUSAH!! ya,ini pendapat pribadi gue sih. Bukannya mau nakut-nakutin loh ya! Otak bener-bener dikuras kalo kalian kuliah di teknik kimia. Lah,yang paling pinter di angkatan gue aja kadang-kadang bilang susah. Apalagi gue dengan spesifikasi otak yang pas-pasan kayak gini. Siapin mental dan pikiran deh kalo mau masuk teknik kimia.

Trus nanti kalo udah lulus kerjanya dimana?
Kalo 'sesuai jalur',lulusan teknik kimia bakalan kerja di pabrik kimia. Kemungkinan besar ya di bagian proses. Lulusan kampus gue,UNS,banyak kok yang udah kerja di pabrik-pabrik gede kayak PERTAMINA,SEMEN GRESIK,dan semacamnya, Tapi nggak menutup kemungkinan buat kerja di bidang yang lain,kayak jadi Dosen,misalnya. Mamahnya temen gue,lulusan teknik kimia,sekarang kerja di bagian HRD di suatu pabrik kimia. 
Buat bayaran/fee/gaji,santai lahh.. jurusan teknik kimia itu salah satu jurusan dengan prospek paling cerah (kalo beruntung! :p ). Kerja di pabrik yang semacam minyak-minyak-pertambangan gitu,,, wuuuhh! bakalan bingung ngabisin duitnya! hhaha

ISTILAH-ISTILAH yang bakalan kalian temui di teknik kimia..
- Chemical Engineering Tools : Hal-hal yang harus dikuasai oleh mahasiswa teknik kimia,meliputi Neraca Masa,Neraca Energi,Laju reaksi,Kesetimbangan reaksi,Ekonomi dan Humanitas
- Praktikum : Kuliah di teknik kimia nggak bakalan lengkap kalo nggak ada yang satu ini. Kalian bakalan bisa 'bermain-main' di laboratorium sampe puas (dan semacam eneg). 

Pendapat gue pribadi tentang jurusan teknik kimia..
Sebagai mahasiswa teknik kimia,gue merasa kalo jurusan gue itu jurusan yang keren. TEKNIK,cooy!! yakinlah,kuliah di teknik bakalan bikin seorang cowok jadi lebih ganteng #semacamHoax.. 
Mungkin orang-orang nganggepnya "jurusan-sebelah-yang-mahal-itu" yang paling keren. 
Tapi pernah ada yang bilang gini,
"kalo lulusan 'jurusan-sebelah' lalai dalam menjalankan tugasnya,yang mati paling cuma satu,nah kalo lulusan teknik kimia lalai dalam menjalankan tugasnya,misalnya,salah ngerancang reaktor,reaktornya bisa meledak! bisa dibayangin yang mati berapa? :p "
bukannya mau meng-underestimate-kan "jurusan-sebelah",tapi yang mau gue tekankan disini adalah... teknik kimia juga nggak kalah keren kok,tanggung jawabnya juga gede! bayarannya juga nggak kalah gede! (sekali lagi,kalo beruntung.. :p ).

Yah,begitulah review (sesat) gue tentang teknik kimia. Buat adek-adek yang nyasar ke blog gue trus berminat buat kuliah di teknik kimia.. nih beberapa hal yang harus diperhatiin...
- Walaupun namanya ada 'kimia'nya tapi yang dipelajari disini condong ke fisika+matematika
- Teknik kimia itu susah! (menurut gue.. :p)

Sekian,terimakasih! :D

20 komentar:

  1. Kedengerannya susah banget sih kak. Reviewnya horor deh,

    BalasHapus
  2. Kusnanto Eko wibowo

    Keren banget isinya kak.... Lain kali kirimin review gaji buat jurusan teknik kimia ini ya kak

    BalasHapus
  3. kak punya soal nopec taunya kakak gg? soalnya saya mau masuk teknik kimia , kan daripada bergantung pada jalur undangan sama sbmptn. gg ada salahnya kn untuk ikut olimpiade di tekim, kalaulolos bisa keterima disana. mohon bantuannya ya kk:) alfiansyah ramadlan SMAN4 SBY

    BalasHapus
  4. sebenernya teknik kimia itu ngga serem-serem amat kok kayak yang udah dicritain sm masnya wkwkwk. aku dr teknik kimia ngga ngerasa super duper susaaah buat ngejalaninya, yah semuanya t'gntung sm kitanya. kalo mau rajin-rajin ngulang pel sma trutama materi kimia sm fisika insyaAllah dapet ip 3 koma .... bisa kok hehehe ..

    sgitu dulu deh komenku, berkesan curcol yah hehe sory salam kenal aaj dr aku :)

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum,
    pengen sekali ambil tekkim,.
    pelajaran fisika, kimia dan matematika suka,.. suka sekali utamanya kimia dan fisika, tp takutnya nanti kalo sudah msuk, susah belajar mtknya,. atau fisikanya, saya agak lemah di mtk.. :(
    mohon pencerahannya kak.

    BalasHapus
  6. Huahahahahahahaha...semacam eneg untuk praktikum,saya ada 8 praktikum padahal baru semester 1 ,eneg lagi nulis laporannya :v huahahaha...jadi waktunya lbh sedikit untuk belajar #true

    apalagi teknik jadi sasaran empuk kaderisasi kakak tingkat :3 #muntah

    BalasHapus
  7. Kan dari judulnya aja udah sesat :P

    tapi its good mas yah emang kurang lebih seperti itu :D
    tapi itu kurang horror malah :p

    BalasHapus
  8. Wahaa saya d3 tekim uns juga ngrasa seperti itu.. smt 1 ada 12 praktikum. Smt 2 ada sktr 24 praktikum. lama2 ngrasa ga pantes di tekim wkwk bener sih susah susah gampang.. apalagi kalo udah termodinamika. mtk teknik :""))

    BalasHapus
  9. Tetep mau ambil tekimnih kak,udh cinta bgt sm kimia nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya dek! dijaga 'cinta sama kimia'-nya. :)

      Hapus
  10. wah kayanya harus merasakan sendiri nih. :v go tekkim .

    BalasHapus
  11. kak, kalo uns sendiri ada kerjasama perusahaan apaa ajaah?

    BalasHapus
  12. kak, kalo uns sendiri ada kerjasama perusahaan apaa ajaah?

    BalasHapus
  13. mas Eka, boleh minta id line atau akun fb nya ?
    mau tanya2 ttg tekkim

    BalasHapus
  14. nice review kak.
    bisa buat motivasi pilih jurusan :D

    BalasHapus
  15. Terima kasih informasinya yang bermanfaat, salam dari kami dan kunjungi: https://kimia.akprind.ac.id

    BalasHapus
  16. Kalau Lulusan smk bisa nggak ya masuk tekim????

    BalasHapus

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...