Senin, 12 Mei 2014

Mengenangmu : Sebuah Catatan Kelam

(Biar feelnya lebih dapet,gue menyarankan kalian membaca postingan ini sambil ndengerin lagu ‘Mengenangmu’ dari Kerispatih)

Oke,kali ini gue akan menyampaikan sebuah pengakuan besar. Sebuah kisah yang udah gue pendam selama sekitar 6 tahun. Gue jarang banget membahas cerita ini,karena buat gue cerita ini terlalu sensitif. Mengingat-ingat ini semua sama aja membuka salah satu lembaran kelam di catatan hidup gue. Tapi sekarang gue udah cukup dewasa untuk mengerti,dan sekarang gue tulis semua ini sebagai pembelajaran bagi diri gue sendiri dan juga pembaca blog gue.

Semua berawal saat gue masih kelas 2 SMP (ato saat itu disebutnya kelas 8). Gue saat itu dimasukin ke kelas 8D. Dulu,gue bukan orang yang mudah beradaptasi,dan kenaikan kelas selalu membuat gue was-was sekaligus takut,jangan-jangan di kelas baru ini temen-temen gue jahat-jahat,jangan-jangan di kelas baru ini cowoknya suka grepe-grepe sama malakin uang jajan,jangan-jangan di kelas baru ini cewek-ceweknya adalah jelmaan kuntilanak yang ingin mengenyam dunia pendidikan. Tapi semua rasa was-was dan takut itu sirna seketika saat gue mengenal seorang cewek,sebut saja Lina. Lina orangnya cantik,berkulit putih,rambutnya sebahu,sering dikepang dua tapi juga sering diurai. Dulu gue belum ngerti sesuatu yang namanya cinta,gue belum terlalu paham tentang apa yang disebut pacaran. Tapi yang gue tau,gue selalu suka ngeliatin Lina. Gue suka ngeliatin cara Lina berjalan. Gue suka ngeliatin gimana pipi Lina akan bersemu merah setiap kali dia lagi bahagia. Sekali lagi,gue selalu suka ngeliatin Lina.

Di awal-awal gue kenal Lina,gue cuma bisa tahu namanya,tanpa interaksi lebih lanjut. Tapi lama kelamaan gue akhirnya memberanikan diri buat mendekati Lina. Mengenali Lina jauh lebih dalam. Yang gue tau saat itu adalah Lina orangnya polos,periang dan suka ketawa. Rona merah di pipinya yang muncul kalo dia lagi bahagia adalah salah satu hal yang nggak bisa gue lupain sampe saat ini. Gue sama Lina jadi semakin akrab,sebagai teman dekat,nggak lebih. Setau gue,ada seorang kakak kelas yang suka sama Lina,dan karena itulah gue nggak berani buat meminta lebih terkait hubungan gue sama Lina. Pada saat itu gue udah cukup bahagia dengan hanya beteman dekat dengan Lina.

Kebiasaan gue dan Lina dulu adalah beli jajan di warung belakang kelas. Trus jajannya kami bawa ke dalem kelas dan akhirnya gue sama Lina bakalan menikmati jajan itu berdua sambil ngobrol dan  bercanda. Itulah saat-saat terindah di hidup gue bersama Lina. Ada perasaan baru yang muncul di hati gue,yang awalnya cuma suka ngeliatin,saat itu berubah menjadi perasaan nyaman. Gue selalu ngerasa nyaman kalo ada di deket Lina,dan saat itulah gue sadar,gue suka sama Lina. Walopun gue udah sadar kalo gue suka sama Lina,gue saat itu terlalu pengecut buat ngomong sama Lina kalo gue suka sama dia,gue saat itu takut kalo Lina bakalan menjauh dari gue.

Ada satu kalimat dari Lina yang masih gue inget sampe sekarang. Jadi pas itu siang hari pas istirahat pertama,gue sama Lina duduk sebelahan di dalem kelas,sambil minum es teh yang gue sama Lina beli di kantin,Lina tiba-tiba bilang..


“Aku suka kalo lagi ngobrol sama kamu. Aku pengen duduk sama kamu.”

Gue saat itu cuma bisa senyum-senyum aja. Tapi sejujurnya,gue seneng banget Lina ngomong kayak gitu. Sejak saat itu,gue jadi makin suka sama Lina. Tapi sebelum gue sempat mengutarakan rasa suka gue buat Lina,Tuhan berkehendak lain.

Di suatu siang,tiba-tiba kelas dihebohkan dengan hilangnya hape Lina. Saat itu hape masih jadi barang mewah,pihak sekolah sampe menahan semua muridnya buat digeledah,tapi hape Lina tetep aja nggak ditemukan. Gue sampe kalang kabut sendiri saat itu,gue liat Lina nangis dan ada sebagian hati gue yang hancur.

Keesokan harinya,kabar mengejutkan datang,Lina masuk rumah sakit. Gue bahkan nggak tau sakit apa yang Lina alami sampe harus masuk rumah sakit. Gue tanya sama salah satu temen gue yang juga sepupunya Lina,dia juga nggak tau. Hidup gue dipenuhi kecemasan saat itu. Gue selalu menyelipkan nama Lina di do’a gue,gue selalu mendo’akan Lina supaya secepatnya sembuh dan bisa kembali bercanda sama gue.

Sekitar seminggu Lina di rumah sakit,masih nggak ada kabar tentang sakit yang di derita Lina. Gue saat itu berharap bahwa sakit Lina bukan sakit serius dan Lina bisa secepatnya keluar dari rumah sakit.

Hingga akhirnya hari itu tiba.

Saat itu masih subuh dan tiba-tiba terdengar ringtone dari hape gue. Saat gue angkat,terdengar seorang wanita,berbicara sambil menahan tangis,ada kesedihan di setiap kata yang dia ucapkan..

“Ini bener nomer dek Yoga temannya Lina?”
“Iya,mbak .. ini siapa ya?”
“Saya kakaknya Lina..”
“Hah? Ada apa mbak?”
“Jadi gini,Lina udah koma dari tadi malem,keadaannya kritis. Saya sebagai kakaknya Lina dan juga keluarga lain sudah mengikhlaskan kalo Lina emang sudah mau ‘pergi’. Disini saya ingin dek Yoga memaafkan segala kesalahan Lina,mungkin selama hidupnya Lina  pernah berbuat khilaf pada dek Yoga. Saya ingin dek Yoga memaafkan Lina dan mengikhlaskan Lina,mungkin maaf dan ikhlas dari dek Yoga bisa melancarkan ‘kepergian’ Lina...”
“I... Iya mbak... ”
“Begitulah dek Yoga,kami mohon do’anya,kami semua berharap yang terbaik buat Lina. Kami sudah pasrahkan semuanya sama Yang diatas..”

Gue saat itu masih berumur 13 tahun dan mendapat telpon seperti itu,bisa dikatakan gue hancur. Perasaan gue kacau. Gue akhirnya mengambil wudhu kemudian solat subuh. Saat itulah,untuk pertama kali,gue nangis pas sholat. Setelah sholat gue minta sama Tuhan untuk memberikan yang terbaik buat Lina.

dan Tuhan menjawab do’a gue.

Siangnya sebuah sms masuk ke hape gue,dari sepupunya Lina..

“Lina sekarang udah nggak ada. Lina udah ninggalin kita.”

Setelah membaca sms itu,gue langsung menutup pintu kamar gue,dan membiarkan diri gue menangis. Ada banyak hal yang datang ke pikiran gue saat itu. Kenangan-kenangan manis bersama Lina bermunculan di pikiran gue. Penyesalan juga datang,Lina belum tau kalo gue suka sama dia. Gue saat itu selalu bertanya-tanya kenapa Tuhan setega itu,Lina masih muda, dan kenapa harus secepat itu Lina meninggalkan dunia ini.

Gue inget banget saat gue dan temen-temen sekelas gue dateng ke makam Lina. Temen-temen cewek di kelas gue pada nangis dan yang bisa gue lakukan adalah mencoba kuat,mencoba nggak nangis sama sekali,karena gue yakin,Lina selalu ingin gue jadi sosok yang kuat. Ada luka yang muncul disetiap ayat surat yasin yang gue bacakan didepan makam Lina. Ada penyesalan yang mendalam. Saat semua temen gue udah melangkah menjauh dari makam Lina. Gue inget gue masih terduduk sendiri,di depan makam lina dan berbisik....


“Lina,aku suka sama kamu. Kamu baik-baik ya disana.”

Takkan pernah habis air mataku
Bila ku ingat tentang dirimu
Mungkin hanya kau yang tahu
Mengapa sampai saat ini ku masih sendiri

Adakah disana kau rindu padaku
Meski kita kini ada di dunia berbeda
Bila masih mungkin waktu berputar
Kan kutunggu dirimu …

Biarlah ku simpan sampai nanti aku kan ada di sana
Tenanglah dirimu dalam kedamaian
Ingatlah cintaku kau tak terlihat lagi
Namun cintamu abadi …

Sekarang,6 tahun setelah kepergian Lina. Gue masih bersyukur bisa mengenal seorang Lina. Gue udah mengikhlaskan Lina jauh sebelum ini. Saat itu gue mungkin masih terlalu lugu untuk memahami itu semua,gue saat itu masih dihantui rasa menyesal. Tapi seiring gue beranjak dewasa,gue tau menyesal cuma akan membebani gue. Akhirnya gue jadikan penyesalan itu sebagai sebuah pembelajaran. Kalo kita sebagai manusia harus bisa jujur,jujur sama diri kita sendiri dan juga orang lain. Kepergian Lina mengajarkan gue buat lebih jujur sama perasaan gue sendiri. Kalo kita sayang sama orang,ya tunjukin! Karena kesempatan untuk menunjukan rasa sayang kita kepada orang lain itu nggak banyak dan saat kesempatan itu hilang yang tersisa buat kita cuma penyesalan.

R.I.P
Seorang teman
Seorang sahabat
Linda Sulastri
10 Oktober 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...