Rabu, 06 Januari 2016

7 Kebiasan Aneh Versi On Yoga’s Spot

Sebagai manusia yang sudah hidup lebih dari 20 tahun, banyak hal di dunia ini yang gue ngga ngerti penjelasannya. Dari sekian banyak misteri kehidupan, ada beberapa kebiasaan manusia yang benar-benar menjadi highlight di pikiran gue, yang sering gue temukan di kehidupan sehari-hari, tapi tetep aja berasa aneh di mata gue. Dalam postingan ini, gue akan membahas kebiasaan-kebiasaan tersebut dan sebelum kalian membaca lebih jauh, gue mau mengucapkan permohonan maaf apabila ada pihak yang tersinggung karena hal-hal yang gue sebut di sini, gue ngga pernah berniat menyindir, cuma ingin menyampaikan unek-unek di kepala. Oke, langsung aja, check it out!

1. Ketawa “Wkwkwkwkwk”

Dulu pas gue SMA, salah satu guru di kelas gue sempat mengeluhkan kenapa anak muda pada jaman itu ketawanya “wkwkwkwk”. Gue yang masih bego’ dan songong pun cuma bisa ketawa sambil bilang (dalam hati) “hahahaha.. Ibu ngga gaul sih..”. Emang bener kata orang, ngga boleh kurang ajar sama orang tua, sekarang gue yang kena getahnya, gue merasakan apa yang beliau dulu rasakan, gue sekarang mengeluhkan kenapa anak muda jaman sekarang ketawanya “wkwkwkwk”.

 Hal ini merajalela banget sih, hampir semua anak muda yang gue kenal masih mempertahankan jenis tertawa yang primitif ini. Oke, gue dulu juga ketawanya gitu, tapi kemudian gue mendapat hidayah, setelah dipikir-pikir ketawa “wkwkwkwkwk” itu ngga masuk akal, dibacanya gimana? “wekwekwekwekwekwek”? bukannya yang ketawanya gitu cuma donal bebek dan keluarganya ya? atau “wekawekawekaweka”? Kalopun di Thailand ada “55555”, itupun dibacanya “hahahaha”, still makes sense. Trus ada lagi “Xixixixi” ataupun “Kekekekeke”, ini pun walopun gue agak mual bacanya, tapi masih makes sense karena gue pernah ketemu orang yang ketawanya gitu. “Wkwkwkwk”? Gue seumur hidup ngga pernah ketemu orang yang ketawanya kayak gini, gue yang kurang banyak ketemu orang atau emang ketawanya yang ngga masuk akal?

Setelah mendapat pencerahan, gue menghentikan kebiasaan ketawa “wkwkwkwk". Gue sadar, gue belum dewasa sepenuhnya tapi sejauh ini ada satu hal yang bisa gue simpulkan : Menghilangkan kebiasaan ketawa “wkwkwkwk” adalah bagian dari pendewasaan. Ngga ada kan orang tua yang ketawanya “wkwkwkwk”?

2. Pasang foto selfie sendiri buat dijadiin wallpaper

Ini biasanya yang cewek-cewek nih (gue ngga pernah sih liat cowok pasang wallpaper selfie muka sendiri). Sebangga-bangganya gue sama muka sendiri, gue ngga bakalan pernah tahan ngeliat muka sendiri dalam intensitas yang tinggi tiap harinya. Mungkin yang pada pasang foto muka sendiri buat dijadiin wallpaper itu setiap buka hape langsung “Subhanallah Maha Suci Allah, sungguh indah ciptaan-Nya, cantik banget sih aku? Ihh, gemes deh...” apa gimana? Motifnya apa sih sampe punya inisiatif pasang muka sendiri buat diliat setiap buka hape? Tapi di sisi lain gue salut, karena sesungguhnya butuh tingkat kepercayaan diri yang luar biasa tinggi untuk memasang wallpaper muka sendiri di hape, gue yang mukanya kayak adonan bakwan jagung ngga bakalan pernah bisa ngelakuin hal itu.

3. Pake “aq”, “qmu”, “u” dan akhiran “x”

Ini kasusnya sama kayak “wkwkwwk”, gue juga dulu mengalami masa-masa gelap dan kelam ini. Sekarang, setelah gue mendapat hidayah, gue sadar kalo huruf “q” itu dibaca sebagai “ki” atau “kyu”. Ketika orang menulis “aq” berarti  dibaca “aki” ato “akyu”, “qmu” dibaca “kimu” atau “kyumu”. MAKSUDNYA APA? Okelah yang nulis “aq” mungkin pengen sok imut pake akyu-akyu-an segala, kalo “qmu”, INI APAA?? Biar lebih cepet ngetiknya? Antara “aq” dan “aku”, ataupun “qmu” dan “kamu”, itu selisih waktu ngetiknya berapa jam sih? Ngga nyampe sedetik!

Ada pula yang nulis “kamu” jadi “u”, dalam bahasa yang gue tau, “u” itu bisa dibaca “u” atau “you”. Ketika ada yang ngetik “U lagi di mana?”, berarti kalimat tersebut bisa dibaca “you lagi di mana?”. You. Lagi. Di mana. Gue ngga mau bilang itu salah, orang mah terserah mau ngetik apa, hape-hape dia, beli pulsa juga pake duit dia sendiri. Tapi gue akan jauh lebih mengapresiasi orang yang ngetik “kamu lagi di mana?” atau sekalian “where r u?”.

Satu lagi yang masih menjadi misteri kehidupan : akhiran “x” yang bisa dibaca jadi “nya”. Misal “baju’x bagus banget sih.”, buat gue kalimat tersebut dibaca “baju eks bagus banget sih?”, tapi beberapa orang akan membaca kalimat tersebut jadi “bajunya bagus banget sih?”. Ini siapa yang ngajarin? Apa ada penjelasan logis tentang bagaimana “x” bisa dibaca jadi “nya”? Kalo ada, jelasin ke gue plis.

4. Ngucapin selamat ulang tahun, bela sungkawa atau ucapan lainnya di grup

Sebenernya ngga ada yang salah, gue pun masih sering melakukan hal ini. Tapi menurut gue, ucapan apapun itu, baik ucapan ulang tahun, ucapan selamat, ataupun ucapan bela sungkawa, akan jauh lebih berarti jika dikirimkan secara personal dan langsung ke orang yang bersangkutan. Apalagi ada trend di mana orang akan cenderung meng-copy-paste ucapan yang ada di atasnya, tanpa harus berpikir ulang. Sekali lagi, ngga ada yang salah, malah Alhamdulillah masih ada yang mau menyisihkan waktunya sejenak buat copy paste ucapan temennya. Kalo gue pribadi nih, ketika gue ngucapin hal-hal tersebut di grup, yang ada di pikiran gue adalah “Ahh, ikut-ikutan ngucapin ah, biar orang tau kalo gue juga ngucapin, lagian juga ngga kenal-kenal amat sama orangnya”. Kalo gue emang bener-bener niat ngucapin sesuatu, gue pasti akan kirim pesan langsung ke orangnya, jadi selamat buat kalian yang gue kirimin ucapan secara langsung, it means that you mean something to me, ngga cuma "ahh, kenal doang ini".

5. Update “Sleep” di Path

Wahai orang-orang yang update “sleep” di Path, sepenting apa sih hidup kalian sampai orang-orang harus tau kalo kalian mau tidur? Taylor Swift yang fansnya bejibun juga kayanya ngga gitu-gitu amat. Mungkin maksudnya “Aku mau tidur ya, kalo whatsapp kalian ngga dibales, harap maklum.”, tapi balik lagi ke pertanyaan pertama : penting banget?

Gue pernah nyoba dulu ketika awal-awal punya path, sebelum gue tidur, gue update “sleep” dulu di Path. Setelah dirasakan, ngga ada yang beda tuh sama tidur gue, toh kalo update “sleep” sebelum tidur, tidurnya ngga bakalan otomatis jadi jauh lebih nyenyak. Trus faedahnya di mana?

6. Nge-share sesuatu yang diragukan kebenarannya

Ini biasanya gue liat di facebook ataupun grup online. Kasus terakhir yang gue temui adalah ketika seorang teman nge-share himbauan untuk tidak membeli terompet untuk tahun baru karena kata dokter Boyke (entah dokter Boyke yang mana), terompet bisa menularkan penyakit berbahaya seperti HIV dan lain-lain. That news is so wrong on many levels. Pertanyaannya, kenapa sih setiap orang ngga menyisihkan waktunya sejenak buat double check setiap pesan atau berita yang mau di-share? Sekarang kan ada yang namanya google. Okelah, niatnya baik, ingin menyebarkan informasi tapi bukannya niat baik tersebut akan berakhir tidak baik jika informasi yang disebarkan ternyata salah?

7. Hate speech via internet

Ini bisa kita temui di berbagai media sosial yang biasa kita pakai sehari-hari. Paling gampang : coba deh buka Instagramnya artis siapa gitu trus liat komen-komen di fotonya. Mungkin beberapa ada yang menyindir dan cenderung lucu, tapi masalahnya ada beberapa yang menggunakan kata-kata kasar yang bikin gue mengelus dada (gue sendiri). Ketika gue membaca komentar-komentar penuh kebencian tersebut, gue cuma bisa nyebut : Astaghfirullah, ini orang-orang kecilnya pada diajarin sopan santun ngga sih? Orang-orang ini kalo pagi nonton Mamah Dedeh ngga sih?


Oke, kali ini 7 aja dulu, sebenernya masih banyak kebiasaan-kebiasaan aneh lain yang mengganjal di pikiran gue. Nantikan part selanjutnya!
Thanks for reading, See you. :)

2 komentar:

  1. but saying "wkwkwkw" is fun .. you know sometimes you can say lol, but your face is just like this --> :|
    sometimes you say "hahaha" but then again you're not exactly laughing .. and then some random very funny thing comes up and you're laughing too hard and say "wkwkwk" to represent your exact feeling, you know, because sometimes "haha" or "hahaha" is just not enough.
    best regard, the "wkwkwk" lover.

    BalasHapus
    Balasan
    1. When I’m texting with people, I imagine about how they sound like and when someone sends me “wkwkwk”, the only thing that comes to my mind is that I’m chatting with Donal duck. Apparenty I don’t want people to think that I’m donald duck too, so I don’t send them “wkwkwkwk”. When I’m laughing too hard, I send “HHAHAHAHAHAHAHA” instead, it’s more expressive and logically accepted. It’s personal preference, sist. You can particularly call “wkwkwkwk” as my pet peeve.

      Sincerely,
      Someone who hates “wkwkwk” a lot.

      Hapus

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...