Rabu, 30 Desember 2015

Review Film : Creed (2015)



Pengakuan : Gue seumur ngga pernah berantem. Beneran, gue ngga pernah mukul anak orang, atopun dipukul. Tuhan melindungi gue dari masalah dan gue pun kayanya ngga pernah bikin masalah macem-macem yang sampe menimbulkan jotos-jotosan. Gue merasa beruntung ngga pernah ngerasain babak belur kaya apa yang dirasain Michael B. Jordan di film yang baru gue tonton kemaren, “Creed”. 

“Creed” adalah sebuah film bertema tinju. Gue sendiri sama sekali ngga suka tinju, sampe sekarang gue masih ngga ngerti kenapa ada orang-orang yang suka nonton dua manusia saling tonjok-tonjokan dan saling melukai, I just don’t get the fun part. Sampai kemudian gue baca beberapa review positif soal film ini dan karena ‘kebetulan’ gue lagi nganggur, gue coba nonton film ini. 

Film ini bercerita tentang Adonis Johnson (Michael B. Jordan), anak dari selingkuhan Apollo Creed, seorang legenda tinju. Adonis atau biasa dipanggil Donnie berniat mengikuti jejak ayahnya dengan menjadi petinju. Donnie pun bertemu dengan Robert “Rocky” Balboa (Sylvester Stallone), seorang mantan petinju profesional, yang juga teman dari Apollo Creed. Rocky kemudian menjadi trainer Donnie, akankah Rocky bisa membawa Donnie menuju kesuksesan? Apa yang akan terjadi saat Donnie ditantang oleh seorang juara tinju dunia yang belum pernah terkalahkan?

Sekali lagi gue tekankan, gue ngga suka  nonton pertandingan tinju, tapi film ini memberikan lebih dari sekadar tonjok-tonjokan di atas ring tinju. Film ini mengingatkan gue pada Whiplash (2014), bedanya kalo Whiplash bercerita soal gebuk-gebuk drum, film ini bercerita soal gebuk-gebuk anak orang. Ceritanya menurut gue lumayan cepet (walaupun durasinya sekitar 2 jam juga). Gue agak ngga sreg sama bagian-bagian awal film ini, it’s so “ya udah lah ya”-able. Ngga ada yang terlalu menarik.  Ngga seru seru amat juga. Semua berubah di sepertiga akhir film. FYI,  gue sempet nangis pas nonton bagian akhir film ini. Seumur hidup, baru kali ini gue nonton tinju sampe nangis. Sebenernya ada cerita sampingan yang menurut gue harusnya bagus, tapi kurang digali jadinya ya gitu-gitu aja, ceritanya si Donnie sama Bianca yang lempeng banget, kurang greget, apaan baru makan sekali besoknya udah cium-ciuman, eh, maap.

Dulu, ketika gue mendengar nama Michael B. Jordan untuk pertama kali, gue sempet mikir “Oh, yang pemain basket itu sekarang jadi pemain film?” (dan gue tetap terperangkap dalam kebodohan ini sampai beberapa waktu), ternyata gue salah, BEDA ORANG BROOOOO!! Terlepas dari kebodohan gue di masa lalu, Michael B. Jordan tampil bagus di film ini, gue suka gayanya, yo! Wassap bro~~ kalem tapi gampang labil. Dia katanya ketonjok beneran lho pas akting buat film ini, salut deh. Gue suka gimana dia berhasil meyakinkan penonton kalo dia petinju (gue sih percaya percaya aja, orang pernah nonton tinju juga engga). Sylvester Stallone, om Rambo yang sekarang udah jadi mbah-mbah, juga turut andil membawa film ini menuju titik puncak (?) di bagian akhir film. Beliau cocok sih jadi mbah-mbah, oke, sorry, kakek-kakek yang udah pensiun dari dunia tinju tapi masih ada aura-aura seremnya.

Satu hal lain yang gue suka dari film ini adalah backsound-nya. Ya kalo setiap adegan tinju ngga dikasih musik, apa bedanya sama yang disiarin sama tv*ne? Adegan-adegan tinju di film ini bisa jadi jauh lebih emosional, thanks to the backsound.

Overall, Creed menampilkan tinju yang tidak hanya sekedar tinju. The last part is so outstanding. Those scenes are so tense and emotional.

8,5 of 10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...