Kamis, 01 Agustus 2013

Another Me & Bapak-Bapak Tahlilan

Let me tell you,gue ini punya beberapa “kepribadian”. Jadi jangan kaget kalo kalian udah kenal gue di lingkungan kampus trus kalian tanya sama tetangga-tetangga gue “yoga itu orangnya kayak gimana sih?”,pertama,tetangga-tetangga gue pasti pada bingung,soalnya disini nama gue itu ‘Eka’ nama kecil sih,gue pake nama ‘Yoga’ sejak SMP. Trus kalo udah tau kalo ‘Yoga’ itu ‘Eka’ pasti kebanyakan tetangga gue bakalan jawab gini .. “Eka itu orangnya pendiem,pinter,nggak pernah keluar rumah,nggak gaul,dan suka makan mie.” See? Gue terkenal dengan cara yang salah. Disini gue cupu-secupu-cupunya. Keluar rumah cuma kalo lagi dalam keadaan emergency doang. Bahkan kalopun misalnya gue tiba-tiba hamil trus di aborsi sama mamake (udah gue bilang,misalnya!),gue yakin kalo tetangga-tetangga gue nggak bakalan tau. Disini gue hampir nggak punya temen deket,secara,remaja seumuran gue itu kalo nggak nikah ya kerja di luar kota,lagian kalo mau maen pasti gue bingung mau ngomongin apa. Keliatan sombong banget kan? Muahahahaha.. :D biarlah,seenggaknya gue selalu mencoba ramah ke setiap orang yang gue temui.

Orang-orang taunya gue pinter,padahal pas kuliah,mikrobiologi industri udah diulang masih aja dapet C. Yahh,dulu gue (sempet keliatan) pinter sih,dari SD sampe SMP gue selalu jadi yang nomer satu,tapi semua berubah saat negara api menyerang (?). Sejak SMA,gue sadar,sebenernya pas SD sama SMP  bukan gue yang (keliatan) pinter,tapi  saingan-saingan gue yang emmm... (sori ya temen-temen sd-smp,hhahahahaha ).

Gue juga terkenal suka makan mie. Semua gara-gara mamake,dari dulu gue kecil beliau selalu berkoar-koar kalo gue suka mie. Iya,gue emang suka mie,tapi nggak se-freak yang dibayangin tetangga-tetangga gue. Di pikiran tetangga-tetangga gue,kalo gue nggak makan mie sehari aja katanya gue bakalan mati lemes... Sampe-sampe tukang sayur langganan gue jadi apal,baru keluar rumah tukang sayurnya udah bilang “jomblo ya?” eh,bukan.. maksudnya bilang “mau beli mie basah ya?”. Kalo gue ke warung,belum sempet gue ngomong,penjualnya udah bilang “mau beli mie instan ya?”. Ini orang-orang pada kepengen jadi cenayang kali ya? Trus ada lagi tukang mie ayam desa sebelah yang tau banget kalo gue suka makan mie ayam buatan beliau padahal gue nggak pernah dateng ke warungnya,soalnya biasanya cuma dibeliin sama bapake. 

Sekali lagi gue harus bilang.. gue terkenal dengan cara yang salah.  

Oke,cukup ya membicarakan aib gue,sekarang waktunya ganti topik..

Sore ini,ada bapak-bapak ngasih tau kalo ada tahlilan di rumah tetangga gue..
Bapak-bapak : “Ka,bapakmu masih ada?”
Gue : (mikir yang aneh-aneh,dalem hati “nanyanya dahsyat banget om.. bapak saya masih hidup kok..” ) “oh,udah berangkat kerja.. “
Bapak-bapak : “ya udah,nanti ada tahlilan di rumah pak X,kamu yang dateng ya? Ngewakilin bapakmu..”
Gue : (gelagapan) “emm.. eh.. i.. iya deh pak.. “

Gue akui,gue bukan orang yang religius. Walopun rumah gue persis didepan mushola,kalo dinyanyiin jadinya  “Musholaku memang dekat.. lima langkah dari rumah.. asik asik joss!!“. Tapi,sedeket apapun rumah gue sama mushola,kayaknya hati gue masih jauh,hhehehe (sesat sat sat!).

Gue juga hampir nggak pernah ikut tahlilan,terakhir ikut tahlilan itu ya pas tujuh harinya si Ilham,adek gue,itu pun dirumah gue sendiri. Dan hari ini gue mau nggak mau harus ikutan,soalnya udah diundang langsung. Gue langsung buru-buru fitting kostum (?),gue pake baju koko sama sarung dan sempet heboh nyari peci.. dan akhirnya jreng jreeengg!! Jadilah Yoga edisi Ramadhan.

Pas jalan gue ketemu tetangga gue,trus ditanyain,”pulang kapan ka’?” gue jawab dengan sangat manis “udah lama,pak.. “ (dalam hati “UDAH DARI DOLOOOOOOO!!”),saking nggak pernah keluarnya,tetangga gue sampe nggak tau kalo gue udah lama di rumah.

Trus,pas udah nyampe,udah duduk mbentuk lingkaran bareng bapak-bapak,ternyata bapak-bapak itu langsung melakukan sesuatu.. apa coba? Bergosip! Gue jadi sadar kalo bergosip itu emang sifat dasar manusia,nggak mahasiswa,nggak ibu-ibu,nggak bapak-bapak,semuanya seneng bergosip!! Seneng ngomongin orang!! Gue jadi inget sebuah quote .. “Great minds discussing ideas,Small minds discussing people”. Astaghfirullah.. (Yoga Edisi Ramadhan mode : on).

Bapak-bapak yang dateng juga sempet ngelucu,orang-orang pada ketawa,dan gue bingung... lucunya dimanaaaaa?? Gue berakhir dengan ketawa ha.. ha.. ha.. ha.. ha ..  gue sebut itu ‘kefefet-laughing’,ato bahasa indonesianya ‘ketawa maksa’.

Bego banget adalah gue dari awal dateng mikir “ini pak X dimana ya? Kok nggak ada sih?”,secara,biasanya yang punya rumah itu nyambut tamu. Sampe akhirnya pak Kyai bilang “... untuk memperingati 100 harinya pak X...... “........ oiya!! Pak X kan udah meninggal.... bego’ banget lu gaaaa’!!

Tahlilan pun dimulai. Paling kagok itu ya pas baca Yasin,buset itu bapak-bapak pada baca yasin dengan kecepatan super,gue sampe gelagapan sendiri,gue kapan ya terakhir baca yasin? (don’t try this at home).

Tahlilan pun berakhir,gue akhirnya bisa pulang dengan tenang dan kaki yang kesemutan gara-gara kelamaan duduk sila......

1 komentar:

  1. Wah sebasib, bro! Pas mudik lebaran, saya juga diminta wakilin ayah saya ke acara selamatan (bukan tahlilan). Kagok banget. Doa2nya kagak bisa semua.

    Mungkin inilah yg harus kita (para generasi muda) harus segera perbaiki. Karena yang menggantikan para orang tua siapa lagi kalo bukan kita.

    Btw, kita kok mirip ya? Korban kelebay-an fitnah mie dan dianggap gak pernah keluar rumah.

    BalasHapus

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...