Kamis, 21 Maret 2013

Filosofi Menyebrang

Nggak tau kenapa,beberapa hari ini gue jadi sering menghubung-hubungkan sesuatu sama sesuatu yang lain. Misalnya,setiap denger kata boiler pasti gue jadi kepikiran ayam. Oke,sekarang gue nggak bakalan mbahas apapun itu yang berhubungan dengan boiler,ayam,ataupun ayam boiler. Yang mau gue bahas sekarang adalah....... *drum rolls*

"MENYEBRANG"

Hampir setiap hari,setiap mau berangkat ke kampus,gue harus jalan kaki dari kosan,dan itu perlu nyebrang jalan raya yang nggak ada lampu merahnya. Dulu,pertama kali liat "arena" nyebrangnya gue langsung ketar-ketir,lebar amat jalannya,tiga kali lebih lebar dari jalan raya di desa gue! (NORAKK!). Gimana caranya gue bisa sampe sebrang jalan dengan selamat tanpa ada bantuan dari lampu merah??

Inilah jalan yang harus gue 'sebrangi' setiap hari. Ini gue foto dari pinggir jalan pas lagi sepi


Tapi karena alasan efektifitas,gue tetep milih ngambil resiko digiles bis hidup-hidup daripada harus jalan muter lewat gerbang depan kampus. Trus sedikit-sedikit gue belajar nyebrang dengan baik dan benar. Inilah ilmu nyebrang yang gue dapet dari kegiatan nyebrang menyebrang gue selama hampir 2 tahun...

1. Walopun banyak kendaraan yang lewat,suatu saat pasti akan ada waktu dimana jalannya kosong (karena nggak terlalu jauh dari arena menyebrang gue itu ada lampu merah),dan itulah kesempatan gue buat nyebrang,kalopun pas gue mau nyebrang itu masih rame aja,gue harus nunggu sambil usaha ngawasin kanan kiri buat mastiin jalan rayanya "longgar" buat nyebrang

2. Sekali gue melewatkan kesempatan buat nyebrang,gue akan menunggu lebih lama dan itu bikin bete. Pernah gue nggak jadi nyebrang gara-gara pas gue mau melangkahkan kaki buat nyebrang ada mas-mas naek motor berhenti tepat didepan gue dan tanya "Solo itu dimana ya mas?" dengan santenya gue jawab "lurus terus aja mas.." (padahal sebenernya gue pengen teriak "INI UDAH DI SOLO,KAMPREETTTT!!")

3. Gue nggak suka nyebrang trus harus berhenti di tengah jalan raya gara-gara udah keburu banyak kendaraan lagi.. pernah sih pas lagi kepepet.. sensasinya dahsyat! berasa udah dibayang-bayangi malaikat pencabut nyawa. Resikonya gedhe banget! bisa aja tiba-tiba ada ibu-ibu galau naek mio nabrak gue gara-gara lagi keburu-buru buat beli bawang putih (?) ato bisa aja ada sopir truk gandeng ngira gue cuma seonggok kotoran yang ganteng (?) trus ngelindes gue seenak jidat.

4. Dalam keadaan terdesak,gue kadang-kadang harus nekat juga,mempertaruhkan nyawa gue buat nyebrang di jalan yang rame biar nggak telat masuk kelas

5. Lama-lama gue jadi mandiri. nggak perlu lampu merah buat nyebrang. Tinggal toleh kanan-kiri. tunggu kesempatan yang tepat. nyebrang deh. :D

Dan beberapa hari lalu gue baru sadar kalo semua itu ada artinya.. semua itu sebenernya cuma pemodelan (TekKim bangeet). Menurut gue,jalan raya itu sama aja dengan jalan yang harus kita lalui buat mencapai tujuan kita. Dan sebrang jalan adalah tujuan yang ingin kita capai,entah itu tujuan hidup atopun tujuan kita dalam melakukan sesuatu... dari kegiatan sebrang-menyebrang gue,kalo gue hubungkan dengan usaha kita mencapai tujuan yang ingin kita capai,gue dapet pelajaran-pelajaran penting,dan inilah pelajaran-pelajaran itu :

1. Kendaraan-kendaraan yang lewat itu bisa diibaratkan penghalang ato hambatan ato rintangan ato apapun itu yang menghalangi kita dalam usaha mencapai tujuan kita. Tapi yakinlah,suatu saat,pasti akan ada waktunya dimana hambatan-hambatan itu ilang. Kendaraan-kendaraan yang ada dijalan raya itu,gue nggak bisa ngilangin semua itu begitu aja,itu bukan kuasa gue. Di hidup kita juga sering gitu,ada banyak hambatan yang ada di luar batas kuasa kita. Apa yang harus kita lakukan? ya sama kayak gue tadi,kita bisa menunggu "kendaraan-kendaraan" itu berhenti menghalangi jalan kita. Tapi nggak cuma sekedar menunggu aja,kita juga harus usaha. Intinya,dalam mencapai suatu tujuan dibutuhkan kesabaran dan usaha.

2. There's only one chance. Hidup sebenernya ngasih banyak kesempatan buat kita buat mencapai tujuan kita. Dan keputusan ada ditangan kita. Semuanya sama kayak pas gue harus ngambil kesempatan buat nyebrang,kalo kesempatan buat nyebrang itu gue buang sia-sia,gue harus nunggu lama banget buat nunggu kesempatan selanjutnya. Tapi hidup nggak segampang itu,kadang-kadang ada kesempatan yang dateng cuma sekali.. Intinya jangan sia-siakan kesempatan yang udah hidup kasih buat kita. 

3. Kalo ngelakuin sesuatu itu jangan setengah-setengah.. resikonya gedhe. Bisa aja ditengah jalan kita gagal. Bukannya terlalu takut sama kegagalan.. tapi bukankah lebih baik mikir mateng-mateng dulu sebelum ngelakuin sesuatu,iya kan? sama aja kayak pas gue nyebrang,gue harus mikir-mikir dulu.. ini bisa sampe sebrang jalan nggak ya,ini kalo nyebrang sekarang aman nggak ya. Intinya,jangan setengah-setengah (jangan mikir yang macem-macem tentang setengah-setengah! :p ) dan selalu pertimbangkan semua akibat dari apa yang akan kita lakukan

4. Ada kalanya kita harus nekat. Yakinlah,dengan tekad yang kuat dan keberanian,kita bakalan bisa mencapai tujuan kita. Kadang-kadang kita juga harus mempertaruhkan segalanya untuk mencapai semua itu.. (itu apanya? gue juga bingung..)

5. Pemkot kota solo nggak ngasih lampu merah dimana-mana. Tuhan juga nggak selamanya ngasih kita "jalan yang terlalu sepi". Ada kalanya Tuhan ngasih kita rintangan dan hambatan.. semuanya itu bertujuan biar kita belajar. Karena udah seharusnya setiap manusia itu belajar dari apa yang Tuhan berikan di dunia ini.

Itulah pelajaran-pelajaran yang gue dapet dari kegiatan nyebrang menyebrang yang hampir gue lakukan setiap hari. Keliatannya emang sepele,tapi ternyata ada pelajaran besar yang bisa gue ambil. :D

Buat kalian yang sedang berjalan mencapai tujuan kalian atopun buat kalian yang masih "menunggu".
S-E-M-A-N-G-A-T!! 
yakinlah,Tuhan ada bersama kita 
dan jika tujuan itu memang benar tujuan yang harus kita capai,suatu saat,tujuan itu pasti akan tercapai!

Stay tune on my blog buat postingan-postingan yang nggak kalah kece! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...