Selasa, 13 November 2012

Tapi Buka Dulu Topengmu. .



Semuanya berawal dari kelakuan temen gue,sebut saja Epi,sebenernya namanya bukan epi,tapi karena kelakuannya mirip epi,salah satu tokoh di tukang haji naik bubur bubur naik haji,jadi sebut saja epi.
Beberapa minggu lalu gue pernah mecahin pipet tetes pas praktikum. Otomatis kan,gue harus ngganti. Nah,gara-gara keterbatasan akomodasi,akhirnya gue nitip si epi buat mbeliin (soalnya si epi juga mecahin. . :p). Tadi pagi,pipetnya udah ada,

Gue : Pi,titip kumpulin juga ya? Hhehehe
Epi : Nggak mau ah,aku kan udah beliin kamu,masa aku juga ngumpulin,trus kamu nggak ngapa-ngapain? (dari sini bisa disimpulin kalo epi nggak mau dititipin,inget ya!)
Gue : Ohh,ya udah deh,sini pipetnya. .

Akhirnya beberapa waktu kemudian,gue ke lab sendiri (gara-gara si epi nggak mau dititipin,dan dengan asumsi si epi udah ngumpulin),sebenernya nggak sendiri juga sih,ada dua orang temen yang nemenin gue. Di dalem lab . . . .

Gue : Mbak,mau ngganti pipet tetes.
Mbak lab: Oh iya. . .  yang mecahin pipet tetes dua orang kan?
Gue : Iya mbak
Mbak lab : Lha yang satu mana?
Gue : Belum ngumpulin ya mbak? Kirain udah. .
Mbak lab : Loh kenapa nggak dititipin aja?
Gue : (masih jujur) Tadinya kan aku kira dia mau ngumpulin duluan,trus aku mau titip dia,tapi dia nggak mau.
Mbak lab : DIA NGGAK MAU DITITIPIN???? (nadanya udah tinggi)
Gue : (gue langsung mikir,”ya ampun ini Epi dalam bahaya nih,masa iya gue mau jujur,kalo gue jujur,abis deh si Epi sama mbak labnya,gue akhirnya memutuskan buat “melindungi” epi) Eh,enggak sih mbak,aku ini mau pulang duluan tapi dia mau ngumpulin nanti,jadi mending ngumpulin sendiri deh mbak . .
Mbak lab : Ohhh. . kirain nggak mau ditipin,kalian itu nggak praktis ya? Harusnya salah satu titip aja. .
Gue : Eh,iya deh mbak.  Maaf ya mbak baru ngumpulin
Mbak lab : Oke . . :D

Fiuhh. . lolos! Berasa jadi orang baik nih,mbelain si Epi. Gue akhirnya nemuin epi dan nyeritain apa yang terjadi di Lab. .

Gue : Pi,tadi kamu mau diomelin sama mbak lab loh,gara-gara nggak mau dititipin ngumpulin pipet tetes. .
Epi : Ya biarin,masa aku udah mbeliin kamu pipet tetes,trus aku juga yang ngumpulin,nanti kamu nggak ada tanggung jawabnya dong?
Gue : *speechless*

Jadi disini gue bingung,bete,sama kecewa membahana badai (?),gimana enggak,dia yang udah gue belain tapi akhirnya membalas ketulusan gue dengan sesuatu yang enggak gue harapkan,bilang makasih kek. . . -__-  (buat anak-anak kelas yang baca postingan ini nggak usah ciyaaa ciyeee!! :D ).

 
Masalah utama yang mau gue bahas sebenernya bukan masalah gue yang di sia-siain tapi bagaimana orang-orang bisa berubah dengan seiring berjalannya waktu dan keadaan. Si epi,pas awal gue kenal adalah orang yang malu-malu (sampe malu-maluin),suka ketawa-ketawa sendiri,pokoknya baik deh,tapi sekarang kok kayak gitu banget ya? Tega bener . .  :(
Selain epi,ada banyak temen-temen gue yang makin kesini makin keliatan sifat aslinya. Ada yang awalnya baik banget sekarang jadi juteknya nggak karuan,Ada yang awalnya jutek,makin kesini ternyata baik banget orangnya. Gue juga gitu,awalnya nyebelin,makin kesini kok makin nyebelin aja ya? :p
Sebenernya normal sih buat manusia kalo sifatnya berubah-ubah. Yang bikin masalah disini adalah ada beberapa orang yang tertipu dan akhirnya merasa terluka saat tahu apa yang ada dibalik kedok yang dipake pas perkenalan. Topeng yang awalnya bagus dan bersih setelah dibuka bisa aja isinya nggak sesuai. Tapi masih banyak juga kok yang topengnya jelek,kotor,tapi setelah dibuka ternyata isinya bersih. Ada juga yang topengnya jelek,dibaliknya juga jelek (gue kali ya? :D ).
Proses “membuka topeng” ini butuh waktu lama. Waktu perkenalan nggak bisa kita jadiin patokan buat menilai seseorang. Kita nggak tahu,apa yang ada di balik topeng yang dipakai orang itu.
Jujur,gue akuin,gue bukan orang yang disukai banyak orang,malah cenderung gue itu nggak disukai sama orang-orang tertentu disekitar gue. Ada aja alasannya,yang lebay lah,yang alay lah,yang sok-sokan lah :). Nggak disukain sama orang lain adalah hal yang biasa buat gue,dari jaman gue SD juga udah kayak gitu. Darisitu gue belajar,nggak ada gunanya pake topeng bagus segala macem kalo pada akhirnya gue juga bakalan nggak disukain sama orang-orang tertentu disekitar gue.
Ngerubah kelakuan biar disenengin sama orang-orang di sekitar gue? Sorry sorry to say,itu terlalu muna buat gue. Gue ya gue,It’s me (apaan coba?),toh masih banyak temen-temen yang bisa dan mau temenan sama gue. Orang yang terlalu berharap disukain sama orang-orang disekitarnya itu tipe-tipe orang yang nggak percaya diri. It’s not my choice. :)

Kesimpulannya,


“Jangan terlalu berharap pada sifat manusia. Sifat manusia bisa berubah-ubah seiring berjalannya waktu dan keadaan. Saat sifat orang yang kita kenal tiba-tiba berubah,yang bisa kita lakukan hanyalah memahami. Dari memahami inilah kita bisa mengerti dan akhirnya tidak akan kecewa pada perubahan sifat tersebut“

n.b : Buat orang-orang yang merasa tersindir,ato terluka,ato sakit ati,maap yaaaa. . gue cuma manusia biasa kok. Gue sih cuma berharap postingan kali ini bisa dijadiin pembelajaran buat pembaca blog gue. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...