Jumat, 09 November 2012

PRAKTIKUM : Tumpukan Dharma yang Menunggu untuk Diberikan

Hari ini hari jum’at dan gue nganggur seharian di kosan. Tanya kenapa?? 

PRAKTIKUM UDAH SELESEEEEIIII!!!! *jingkrak2* *headbang*

Oke,mungkin ada diantara beberapa pembaca blog gue yang nggak tau praktikum itu apa. Menurut kamus besar bahasa yoga,Praktikum adalah kegiatan mingguan yang cukup menyita pikiran dan waktu,nggak cuma “maen-maen” di lab trus udah,jadi abis “maen-maen di lab” harus nulis laporan (NULIS bukan NGETIK!),harus konsultasi sama asisten praktikum,harus di ACC sebelum praktikum selanjutnya,Selain itu juga harus Pre-test dulu sebelum praktikum. Rempong kan? :D

Nah,kalo semester ini gue dapet yang namanya Praktikum Proses Teknik Kimia. oiya,kalo di jurusan lain ato di univ lain praktikum biasanya per mata kuliah,di jurusan gue,praktikum dijadiin satu,langsung jadi 2 sks gitu (tapi kenyataannya sangat lebih dari 2 sks -________-).
Apa aja judul-judul praktikum gue semester ini,Check it dot!
1.       Penentuan Kadar Minyak Dalam Bahan
2.       Analisa Minyak Nabati
3.       Pembuatan Aspirin
4.       Pembuatan Iodoform
5.       Penentuan Kadar Protein Dalam Bahan
6.       Polimerisasi Urea Formaldehid
7.       Kinetika Reaksi
8.       Pengaruh Konsentrasi dan Suhu Terhadap Kecepatan Reaksi
Gimana? Keren-keren kan namanya? Dari semua itu Alhamdulillah,kagak ada yang inhal alias gagal.

Oiya,selama praktikum semester ini,gue ditemenin sama partner satu kelompok gue,cewek cantik yang sangar tapi galau namanya Diniar,ketika kelompok-kelompok lain ber-personil 3 orang,kelompok gue nggak tau kenapa isinya cuma dua orang,gue sama diniar.  Awalnya sih sempet takut keteteran,tapi ternyata malah lebih enak berduaan #eh.

Sempet ada accident-accident kecil yang menimpa gue selama praktikum ini. Kayak siku tangan gue yang nggak sengaja kena Asam Sulfat sampe gosong,Pipet tetes yang lepas dari tangan gue dan akhirnya pecah,Selang pendingin balik yang tiba-tiba copot sendiri,Buret yang bocor tanpa sengaja. Ada juga kecerobohan-kecerobohan yang bikin ngakak,yang paling bikin ngakak ya salah manasin larutan pas praktikum pengaruh konsentrasi :D. Pas praktikum penentuan kadar protein,bahannya gue datangkan langsung,eksklusif dari kota Wadaslintang! Bahannya itu kecipir,gue petik langsung dari pohonnya. :D

Laporan praktikum juga merupakan suatu bagian penting dari praktikum ini. Jadi satu judul praktikum itu laporannya kurang lebih sekitar 25 lembar A4 itu dari judul,tujuan,dasar teori,gambar alat,bahan,perhitungan,pembahasan,kesimpulan sampai daftar pustaka semuanya TULIS TANGAN! (tulis kaki boleh sih,kalo bisa) tanpa coretan,tanpa tip-ex. Jadi kalo ada 8 judul,berarti selama satu semester ini gue udah nulis tangan sekitar 200 lembar (Ini belum ada apa-apanya sama praktikum operasi teknik kimia semester 5,ada 10 judul,satu judul ada yang sampe 50 lembar tulis tangan). Bilang WOW dulu dongg!! *WOWWW!!*. Mungkin jurusan gue ini ingin meluluskan sarjana-sarjana yang sangat handal dalam menulis tangan. Gue menyayangkan,kenapa menulis tangan nggak termasuk salah satu kegiatan yang bisa bikin sixpack,kalo iya,ade ray mah lewaaat. . :D
Perjuangan buat nulis laporan itu luar biasa,nulis laporan pas kuliah sih udah biasa. Pernah gue nulis laporan sampe jam setengah 4 pagi dan jam setengah 8 pagi udah dikampus buat kuliah (ini mah guenya aja yang males2an nulisnya :p).

Tapi setelah semua yang gue alami selama praktikum ini,gue yakin semua pasti ada manfaatnya.  Dan sebagai penutup postingan kali ini,ada quote bagus yang dikutip dan disadur dari novel 5 cm (dengan perubahan kata-kata seenak jidat gue) :


“Apa yang gue kerjakan akan menumpuk dan menunggu untuk dibalas. Ketegaran gue,Jam-jam yang gue abisin buat nulis laporan,waktu yang gue abisin buat ngubek-ngubek google buat nyari update. Mata gue yang kadang-kadang keliatan capek gara-gara kurang tidur. Keteguhan gue. Semuanya nggak pernah sia-sia.
Semua akhirnya menumpuk dalam keranjang Dharma gue,menumpuk tinggi,menunggu untuk diberikan ke gue,dan akhirnya ,suatu saat nanti,Yang Mahakuasa akan ngasih ke gue semua dharma-dharma itu,di waktu dan dengan cara yang Dia mau.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...