Senin, 05 November 2012

"Percaya pada... 5 centimeter di depan kening kamu."


Senin,5 November 2012,Pukul 02.34

Yeahhh! Akhirnya kelar juga mbaca ulang novel 5 cm. Novel yang dulu pernah bikin kenangan indah sama temen-temen gue pas SMA. . .

Dulu belom jamannya MMT coyyy. . hurufnya dibikin manual. . :D
Kenapa harus novel ini? Kenapa nggak yang lain? "Karena Novel Best Seller Pak",jawab gue pada saat itu. Sekarang,setelah baca ulang novel ini,gue sadar,nggak sekedar best seller,nggak sekedar ceritanya bagus,nggak sekedar gara2 di novel ini ada teletubbies yang bisa naek ke puncak mahameru. Tapi novel ini punya sesuatu,sesuatu yang susah dijelaskan. Sesuatu yang udah bisa bikin gue sendiri galau,gundah gulana,dan akhirnya sadar dan bertanya-tanya sama diri gue sendiri,"Sudahkah gue jadi manusia yang sebenarnya? Sudahkah gue berguna bagi manusia lain? Sudahkah gue yakin sama mimpi gue sendiri?".

5 CM bukan sekedar novel yang ceritanya bagus. Banyak novel yang ceritanya bagus,tapi cuma sedikit yang bisa ngasih pembelajaran yang mendalam buat pembacanya. Nggak tau apa guenya yang terlalu lebay atau apa,yang jelas novel ini berhasil ngasih deep impression,kesan mendalam,yang nggak bisa dilupain begitu aja. Dulu gue pertama kali mbaca novel ini pas kelas 2 SMA (apa kelas 3 yaa? gue susah ngebedain kelas 2 sama kelas 3 SMA,kecepetan sih sekolahnya. .  :p). Saat itu gue masih lugu (lucu dan guoblok),masih belom ngerti tentang hidup (sekarang juga belom kaleee. .),masih belom ngerasain gimana rasanya jadi mahasiswa. Dan sekarang,di posisi gue yang udah sedikit lebih dewasa,udah ngerasain jadi mahasiswa alay,gue ngerasa bahwa pesan-pesan yang ada di novel ini bener-bener keren,bukan pesan yang setelah dibaca trus udah,ilang begitu aja,pesan-pesan ini nggak tau kenapa melekat banget di otak gue,dan mungkin di hati gue (Amin :D ).

Buat yang belom pernah baca novel ini,gue jelasin dikit,novel ini bercerita tentang perjalanan 5 orang power rangers sahabat buat mencari arti kehidupan. Mereka adalah Genta (leader,paling bijaksana),Arial (mas2 ganteng,badan bagus,sifatnya agak kaku),Ian (Gajah bleduk dufan,Teletubbies tanpa tipi di perutnya),Zafran (Filosofis,sok-sokan jadi artis), dan Riani (cewek cantik,smart). Cerita di novel ini diawali dengan mereka yang udah sampai disatu titik dimana mereka mulai bosan,bukan bosan dengan satu sama lain,mereka bosan dengan 'kebersamaan' mereka. Akhirnya mereka memutuskan untuk 'berpisah' selama tiga bulan. Kisah perjuangan ian buat nyelesein skripsinya adalah salah satu yang tidak bisa dilewatkan saat mereka 'break' buat ketemuan. Setelah 3 bulan nggak ketemu,mereka akhirnya ngumpul lagi,dan ditambah satu orang,Arinda (saudara kembarnya Arial),mereka memulai perjalanan mereka buat mendaki gunung mahameru. Bukan sekedar mendaki gunung,tapi mencari arti kehidupan,biar nggak cuma jadi seonggok daging yang bernama dan bisa jalan. Intinya gitu deh. .  :)

Banyak banget pesan yang bisa diambil dari novel ini,dan diantaranya yang bener2 menyentuh hati gue (ceileee bahasanya) adalah :

1. Nggak boleh ngomongin kejelekan orang lain. Prinsip mereka yang satu ini emang top markotop. Mereka nggak pernah mau ngomongin kejelekan orang lain,kecuali kalo penting dan mendesak. Disini,gue,yang notabene seorang mahasiswa rumpi yang udah keseringan ngomongin orang lain merasa malu. Dan setelah baca novel ini gue kepengen menghentikan kebiasaan jelek itu.

2. Kalo ada mahasiswa yang lulus kuliah 6 tahun,berarti otaknya sama kayak otak anak SD. Gue pun bertekad,jangan sampe gue 6 tahun kuliah baru lulus. Jangan sampeeeeeee. . . :o

3. Kalo kita percaya,kita pasti bisa. Nggak bakalan ada teletubbies bisa sampe puncak gunung mahameru kalo si teletubbies nggak percaya kalo dia bisa. Teletubbies bernama Ian itu juga nggak bakalan nyelesein skripsinya dalam waktu 2 bulan kalo dia nggak percaya kalo dia bisa. Sekali lagi,kalo kita percaya,kita pasti bisa.

4. Mimpi,Tekad,Keyakinan adalah hal yang abstrak,yang hanya ada untuk orang yang mempercayainya. Nggak bisa diitung dengan angka-angka atau sesuatu yang kongkrit. Semua muncul dari dalam diri kita sendiri. Gue pun jadi sadar,mimpi gue masih banyak,umur gue masih muda,masih banyak banget hal yang harus gue lakuin demi mimpi-mimpi itu. Mimpi-mimpi itu harus gue biarkan menggantung di depan kening gue,biar gue selalu inget,selalu sadar,bahwa ada mimpi yang harus gue capai. Baca novel ini bikin gue semakin semangat buat meraih mimpi-mimpi gue. . . :D

Intinya,5 CM adalah sebuah novel yang nggak cuma bagus tapi luar biasa bagus banget :P.Dari sisi entertaining dapet,dari sisi pesan moralnya juga dapet. Dengan bahasa yang gue bangeeetttt,dengan pesan-pesan yang luar biasa keren,menjadikan novel ini layak gue jadikan sebagai salah satu novel terbaik yang pernah gue baca seumur hidup gue.

Yak begitulah,sebenernya masih banyak hal yang kepengen gue tulis lagi tentang novel ini,tapi berhubung ini udah dini hari dan gue udah mulai ngantuk,jadi cukup sampai disini perjumpaan kita dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. . . . . . . . :D

"Percaya pada... 5 centimeter di depan kening kamu."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...