Jumat, 11 Juli 2014

Jurnal KP Yoga Episode 1 : Kenapa KP di Palembang?

Seperti yang sudah kalian ketahui,gue sekarang lagi ada di Palembang buat melaksanakan tugas mulia bernama Kerja Praktek. Di blog gue ini,gue akan menceritakan suka,duka dan galau gue selama disini dalam ‘corner’ baru bernama ‘Jurnal KP Yoga’.

Gue pertama kali dateng ke Pertamina hari senin,setelah ngikutin tes safety & ngurus administrasi,gue harus nunggu sampe hari kamis sampe badge buat masuk ke kilang jadi.

Hari kamis barulah gue bener-bener memulai KP gue. Gue ditempatkan di bagian Process Engineering (biasa disingkat PE). PE ini kantor buat memantau sekaligus me-maintenance (?) seluruh proses yang ada di pabrik. Isinya engineer-engineer keren,masih muda tapi udah mengeluarkan aura gaji tumpeh-tumpeh.

Gue dan temen-temen gue dapet ‘basecamp’ di perpustakaan PE. Hari pertama disana,tugas kami adalah ‘beradaptasi dengan lingkungan PE’,beruntunglah kami ditempatkan di ruangan yang adem sekaligus sangat berpotensi buat ‘nggak sengaja’ bobo-bobo unyu (re : ngantukin).

Hari kedua,kami diajak ke kilang alias ke tempat dimana prosesnya bener-bener berlangsung. Jarak kantor PE – Kilang lumayan jauh (tapi lebih jauh jarak hati kita berdua *eh). Setiap ke kilang kami harus nebeng mobil engineer-engineer yang mau kesana.

Pertama kali ke kilang,kami diajak muter-muter di unit utilitas sama pembimbing lapangan. Pas lagi muter-muter,kami sempet ditanya-tanyain soal utilitas dan hasilnya... zonk. Gue kayak orang bego,nggak ngerti apa-apa. Semua yang gue dapet di kuliah utilitas 1 & 2 seakan-akan ilang semua. Pelajaran KP pasal 1 : Belajar itu nggak cuma sebelum ujian,sebelum KP pun kita harus belajar.

Di unit utilitas gue bisa ngeliat gimana air sungai diolah sampe jadi air yang bakalan digunain buat kebutuhan tertentu kayak air minum,demin water,dan semacamnya. Gue juga sempet naek ke Clarifier,bentuknya kayak bak air dengan tinggi dan diameter super,lumayan sih kayaknya kalo kejebur ke situ.

Bego adalah saat tiba-tiba ada hujan,gue udah heboh “hah? Ini hujan?”. Pembimbing lapangan udah bilang “Iya,ini hujan”. Gue bilang lagi “ohhh.. hujan..”. Pembimbing lapangan kemudian nunjuk kebelakang gue,gue noleh. Gue baru inget ada Cooling Tower segede gaban berdiri dengan gagah disana. Gue merasa bego.

Oiya,selama dua hari di PE sekaligus sehari muter-muter di sebagian kilang,ada pertanyaan-pertanyaan yang gue sampai lupa udah berapa kali ditanyain sama orang-orang disana dan inilah pertanyaan-pertanyaan tersebut :

- Kok KP’nya di Palembang? Kan jauh...
- Di Palembang nginep dimana? Ada sodara? Ato ngekos?
- Ngekos dimana? Bayarnya sebulan berapa?
- Kemaren kesini naek apa?
- Harga tiket pesawatnya berapa?
- SPP di UNS berapa?

Gue sampe pengen pasang cocard gantung yang merangkum semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut biar gue nggak usah njelasin ulang.

Mungkin ada yang nanya juga,”Kenapa sih yoga bisa KP di Palembang?”
Gue dan temen gue itu dulu kepengen KP di perusahaan Oil & Gas dan Pertamina emang masih jadi perusahaan paling mainstream buat KP di bidang tersebut. Jadilah gue terdampar disini,di Plaju,Palembang.

Udah seminggu di Palembang,gue udah mulai terbiasa hidup disini dan inilah kesan awal gue tentang Palembang :
- PANAAAAASSSS... *kipas-kipas*
- Makanannya cenderung ke pedes-asin-nggak jelas gitu. Gue sih fine-fine aja sama makanannya..
- Orang palembang kalo dari jauh itu serem-serem,kalo udah dideketin,seremnya ilang trus berubah jadi baik dan selalu hepi. Orang di pertamina luar biasa baik-baik banget. Oiya,orang palembang juga suka nggodain cewek (nggak semua sih,cuma generalisasi gue yang asal-asalan),jadi kalo kalian cewek cantik,bersiaplah digodain setiap lewat gang. Enggak. Gue enggak digodain kok.

Yaps. Cukup sampai disini Jurnal KP Yoga Episode 1. Nantikan episode-episode selanjutnya di adaapadenganyoga.

2 komentar:

  1. Pertamina cilacap ada kok bukaan internship. temenku disana sepasang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh,iya ya may? temenku itu apply ke sana tapi trus entah gimana kelanjutannya trus nggak jadi..

      Hapus

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...