Jumat, 07 Februari 2014

Review Film : Killers

KILLERS adalah salah satu dari dua film Indonesia yang bisa nongol di Sundance Film Festival 2014 di Amerika,menemani The Raid 2. Gue sendiri penasaran,sebagus apa sih film ini sampe bisa ikutan festival film internasional macam Sundance? Setelah nonton Promotional Videonya (yang ‘asyik’ banget) di youtube (bisa diliat disini),gue makin penasaran. Hari yang ditunggu-tunggu pun akhirnya datang,kemaren ini Killers tayang di Indonesia. Selamat menikmati review gue.. 



Killers bercerita tentang dua orang pria : Bayu (Oka Antara),seorang wartawan di Jakarta,dan Nomura (Kazuki Kitamura),seorang Eksmud (ganteng) di Tokyo. Nomura ini punya ‘hobi’ ngebunuh orang trus ngrekam saat-saat pas korbannya lagi sekarat. Nah,rekamannya ini nantinya bakalan di upload buat konsumsi publik di Internet. Kehidupan Bayu awalnya biasa-biasa aja,semua berubah setelah Bayu nonton video yang di upload Nomura. Bayu dan Nomura pun terhubung dalam suatu hubungan yang kelam,gelap,dan nggak bisa dibayangkan sebelumnya.

Ceritanya bagus. Gue suka. Ide ceritanya itu udah ditampilin di poster film ini : “Inside Us Lives A Killer”. Dari tagline’nya aja udah menantang gitu. Di awal-awal film,ceritanya berjalan dengan lambat,pelan, dan alon-alon (bedanya apa woy?!). Tapi gara-gara pelan itulah,emosi gue jadi kebawa. Sisi psycho’nya Nomura,Sisi kemanusiaan’nya Bayu,kadang-kadang bikin emosi teraduk-aduk. Trus semakin kebelakang jadi semakin seru,semakin bikin deg-degan. Endingnya liat sendiri ya,yang jelas gue puas sama ending film ini.

Gue kira Killers bakalan se-sadis Rumah Dara. Tapi ternyata nggak sadis-sadis amat,soalnya Killers itu film pyhsicological thriller bukan slasher thriller,bedain yaaa. Apalagi ditonton sama gue yang udah khatam nonton The Walking Dead series (yang tentunya udah terbiasa dengan isi perut yang terburai dimana-mana). Gue bisa makan sari roti coklat-keju sambil nonton film ini,emang filmnya yang kurang sadis apa guenya yang punya bakat psikopat ya? Tapi kok di twitter banyak yang bilang sadis banget,entahlahh.. Kampretnya adalah beberapa adegan yang harusnya greget malah berkurang ke-greget-annya gara-gara di sensor. Yak elaaahhh! Kalo udah dikasih rating ‘khusus dewasa’,ngapain di cut-cut-in segala sih? Toh yang nonton juga udah gede-gede ini.

Eh,di film ini juga banyak kata-kata kasar. Baru kali ini gue excited ngedenger kata-kata kasar khas Indonesia diucapkan secara ‘merdu’. Walopun udah sering denger umpatan-umpatan kayak gitu dari temen-temen gue,tapi nggak tau kenapa “anjing” dan “bangsat” di film ini terdengar lebih gahar.

Dua tokoh sentral di film ini berhasil ‘menyihir’ gue dengan akting mereka,keren banget aktingnyaahh!! Kazuki Kitamura,walopun kadang-kadang terlihat seperti make maskara,tapi ini orang emang Superb! Akting psycho-nya “ganteng” banget (fanboy mode : on). 
Oka Antara juga  bagus aktingnya. Ada adegan-adegan dimana gue pengen bilang “om,ingus sama ilernya di lap dulu dong om..”,saking mendalaminya,mas Oka ini ingus sama ilernya sampe bochor-bochor (for sure,no offense). FYI,pas awal masuk SMA,pernah ada yang (secara khilaf) bilang kalo gue mirip Oka Antara. Oh,nggak penting ya?

Satu hal lagi yang jadi kekuatan besar dari film ini adalah background musicnya alias scoring-nya. Menggelegar dan membahana. Terimakasih speaker XXI! kalo nonton di laptop mah,bakalan kurang greget..  :p

Yang nggak gue suka dari film ini adalah : Efeknya. Aduh,gimana ya,spoiler dikit deh.. di film ini bakalan ada adegan dimana korbanya dibakar hidup-hidup,tapi sayangnya efek api-apinya itu sungguh amat sangat.... biasa (ala Imam Darto). Nggak sejelek yang ada di tivi-tivi swasta Indonesia sih,tapi tetep aja kurang greget.

Buat ukuran film Indonesia,film Killers ini bagus banget menurut gue,sekali lagi,kalo dibandingin sama film-film Indonesia yang beberapa waktu lalu sempet di isi dengan film-film horor porno yang isinya cuma paha-dada-paha-dada doang (emangnya KFC??!). Killers ini worthed kok buat ditonton di bioskop,rasanya nggak sayang bayar duit 30rebu buat film kayak Killers,jarang film Indonesia bisa kayak gini. Semoga kedepannya dunia perfilman Indonesia bisa ‘melahirkan’ film-film bagus kayak gini lagi.

Look at you.. Look at you.. Sakit lu...
Cerita bagus. Cast bagus. BGM bagus. Efek kurang. Kurang sadis.



Killers :  8,0 of 10.

End. Cut.

1 komentar:

  1. mau komen juga ah.
    menurut gue sih agak gantung juga ending filmnya. seharusnya diceritakan bagaimana nasib anaknya si Bayu.
    mungkin dia bisa menjadi killers selanjutnya.
    adegan yang dipotong itu yang bunuh Hisae bukan?
    jadi kurang greget dah. haha.

    maaf kalau kepanjangan. boleh dong mampir ke blog gue senengpsikologi.blogspot.com

    BalasHapus

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...