Kamis, 29 Desember 2016

Relationship Manager yang Ngga Punya “Relationship”

Burger King Skyline Building, Jakarta Pusat
Senin, 12  Desember 2016
Anjir. Udah lama banget ngga nulis, postingan terakhir gue itu bulan Juli 2016, sekitar 5 bulan yang lalu. Kalo ada yang nanya, kenapa sih jadi jarang nulis? Ada satu jawaban super ultimate : SIBUK SHAYYY~. Sebenernya ada banyak hal di kepala gue yang pengen gue tuangkan dalam tulisan, tapi entah mengapa rasa malas menguasai seluruh raga ini. Kemudian semua berubah ketika kemaren gue ke Bandung ….
(to be cont’d)
(tulisan berhenti di sini, gue ngga bisa menahan godaan untuk memakan chicken blackpepper-nya BK yang luar biasa ena’)
(11 hari kemudian, gue memutuskan untuk melanjutkan tulisan ini)

Kost Andito, Kebon Sirih, Jakarta Pusat
Jum’at, 23 Desember 2016
Kemudian semua berubah ketika kemaren gue ke Bandung ….
Jadi ceritanya gue ke Bandung buat short getaway ala-ala, memanfaatkan long weekend yang rasa-rasanya terlalu berharga kalo cuma diabisin buat nungguin kemacetan di Jakarta (EH TAPI TERNYATA BANDUNG JUGA MACET DENGG!!). Gue nginep 3 hari 2 malem di kosan temen gue yang masih kuliah di salah satu universitas di Bandung. Di suatu sore, ketika gue dan temen gue sedang membicarakan review film yang baru kami tonton, tiba-tiba temen gue mengucapkan kalimat yang mengubah hidup gue ….

“Jadi, aku ini adalah ayah kandung dari ibumu.”

Oh, bukan.

“Jadi, sebenernya orang-orang itu nunggu lu update di blog lu, Ga.”

Wait, what?
Gue aja sampe sekarang kadang masih ngga percaya ada segelintir orang yang merelakan waktunya terbuang sia-sia buat baca blog gue. Kalo kalian bisa liat jumlah views blog gue, dari 70.000-an views, gue curiga  60.000-nya berasal dari kegiatan gue membaca blog gue sendiri (iya, gue senarsis itu).

Oke, gue akan mencoba mengapresiasi antusiasme kalian, pembaca blog gue, dengan mencoba memulai lagi apa yang sempat terhenti (?). Sebelum mem-posting hal-hal tidak penting lainnya, gue rasa gue perlu memberikan update tentang diri gue biar kalian bisa nyambung sama cerita-cerita gue selanjutnya.

Setelah melewati masa in class training, gue sukses mendarat di Wisma Mandiri 2 (yang ada di jalan Kebon Sirih, perempatan jalan Thamrin-Kebon Sirih, gedung tinggi coklat yang kaya lapis legit). Di sana gue ditempatkan sebagai Relationship Manager Commercial Banking di CBC Jakarta Thamrin. Kalo ada yang nanya, Relationship Manager ato RM itu apaan sih? Singkatnya, RM adalah tukang kredit, dan RM Commercial Banking adalah Tukang Kredit khusus buat kredit di atas 10 Milyar.

Ketika gue ditempatkan sebagai RM, gue bersyukur sih, karena menurut gue, jadi RM itu banyak ilmunya, RM itu banker sejati, karena selain jadi tukang kredit, RM juga harus bisa ngumpulin dana. Ketika orang nanya ngapain gue masuk bank, jawabannya jelas : “pengen jadi ganteng banker”, dan RM adalah salah satu jalan buat jadi banker yang bener-bener banker. Ketika jadi RM, marketing sama analisis harus sejalan. Harus pinter-pinter membina hubungan sama nasabah dan di sisi lain harus kritis menganalisis kondisi yang ada.

Setelah 3 bulan terjun langsung jadi RM, gue rasa masih banyaaaaaakkkkkk banget hal yang harus gue pelajari. Ilmu RM yang nyangkut ke gue sekarang ini masih seujung kuku, masih ngga ada apa-apanya. Sayangnya, sebelum gue bisa belajar lebih banyak, mulai awal tahun depan gue “ditarik” ke kantor pusat karena ada project assignment yang harus gue kerjakan di sana. Wish me luck ya!

Ngomong-ngomong soal RELATIONSHIP manager, makin ke sini makin banyak yang nanya, “kamu RELATIONSHIP manager kok ngga punya RELATIONSHIP sih? Kapan punya pacar?”. Gila yah, gue kalo lagi ditanya kayak gitu rasanya pengen nyamar jadi tembok. Gini, selama tiga bulan ini gue jarang banget balik sore, frekuensi gue balik sebelum Maghrib itu bisa diitung pake jari, rata-rata gue balik dari kantor di atas jam tujuh malem (bahkan pernah balik dari kantor jam 00.15 gara-gara ngerjain nota. Nyari duit itu emang perjuangan, dek!). Gue takut kalo punya pacar, pacar gue ntar ngga keurus. Sekarang ini, buat kerja aja waktunya udah abis, balik ke kosan udah capek, udah ngga ada waktu buat ngurus pacar, jadi sekarang gue mau focus ke karir dulu aja deh……

BENTAR,

GUE KESURUPAN APA DEH?

GUE JUGA MAU KELES DISAYANG-SAYANG!! TAPI GILIRAN GUE UDAH SAYANG, DIANYA SAYANG SAMA ORANG LAIN.

Oke, sekian postingan kali ini.
Nantikan postingan selanjutnya.

Bye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...