Rabu, 16 September 2015

A Tribute to A Partner

             Udah lama gue ngga meneteskan air mata (?) gara-gara keadaan, I mean, gue biasanya nangis gara-gara idung gue dipencet ato nonton film drama yang mengharu-biru. Oke, gue cemen. Mungkin hati gue selembut kain sutra, yang penting ketegaran niat gue setegar batu karang *kemudian disiram air keras*. Jadi gini, gue hari ini dengan sukses meneteskan air mata, kenapa? Let’s check it out.
           
            Dari kemaren sebenernya gue udah mulai baper soal kepergian temen-temen gue (udah gue ceritain di postingan sebelumnya), nah, kebetulan hari ini yang bakalan pergi itu temen sekaligus partner gue semasa kuliah. Postingan kali ini gue jadikan tribut untuk mengantarkan perjalanan dia menuju masa depan yang lebih cerah. Ehe.

Ariska Rinda Adityarini, S.T.

            Semua berawal dari pembagian kelompok buat Penelitian – Kerja Praktek – Tugas Akhir. Angkatan gue sendiri terbagi dalam beberapa circle-circle pertemanan, gue bertiga sama Dita & Nida, trus Rinda bertiga sama Arini & Putria. Permasalahannya adalah, kelompok buat Penelitian, dkk itu satu team dua orang. Entah gimana ceritanya, gue lupa, entah gue yang ngajak Rinda ato Rinda yang ngajak gue. Akhirnya gue dan Rinda berkomitmen ((edan, komitmen!)) untuk bersatu mewujudkan visi dan misi dengan kekuatan hati dan niat yang murni untuk menjadi sarjana teknik. *berubah jadi sailor moon* *gue sailor moon, Rinda sailor hijab*

            Setelah berkomitmen (?), Gue dan Rinda memulai beradaptasi, mulai mencoba mengerti satu sama lain. Sebenernya kalo temenan sih udah lama, mulai dari jamannya jadi panitia b*tik udah mulai kerja bareng tapi kalo buat ngerjain penelitian, dkk kan butuh kesamaan visi dan misi, ngga cuma dua orang yang ngerjain hal yang sama, kami juga harus ngertiin satu sama lain. 

            Awal “perjuangan” gue sama Rinda adalah penelitian. Dulu gue penelitian di lab baterai, lab baru di jurusan gue. Baru masuk, gue udah disambut sama Nyi Roro Kidul Mbak Eva. Mbak Eva ini sangar banget orangnya (kalo belom kenal). Dia juga cantik dan busana ke kampusnya OOTD-able banget. Mba Eva ini kalo ke kampus juga suka pake contact lens (gue awalnya mikir kalo matanya mbak Eva bisa ngeluarin laser pas dia marah-marah). Walopun badannya kecil-unyu-semi-rapuh gitu tapi dulu pas awal-awal gue penelitian... edaaaannn.. GALAK BANGET. Gue sama Rinda dilalap abis-abisan. Berasa di ospek untuk yang kesekian kalinya. Gue sama Rinda cuma bisa jadi anak baik-baik, disuruh-suruh nurut, diomelin cuma senyum-senyum aja (tapi di belakang nyumpah-nyumpahin). Dari sinilah gue dan Rinda mulai merasakan kejamnya dunia perkuliahan sebagai team.

            Setelah berbulan-bulan di lab, gue dan Rinda (sama kembar) harus merantau ke Palembang buat Kerja Praktek di Pertamina Refinery Unit III Plaju. Di Palembang, selama kurang lebih satu setengah bulan, gue hidup satu atap sama Rinda dan kembar. Mulai dari pagi, siang dan malem ketemunya mereka mulu. Gimana ngga akrab coba? Pas KP juga gue mulai akrab sama orang tuanya Rinda. Baik banget sumpah beliau-beliau ini, terimakasih ya Pak Joko & Bu Aisyah. :’)

            Balik dari Palembang, gue dan Rinda mulai bergelut (?) dengan tugas akhir, mulai dari proposal TA yang harus berkali-kali maju (dan disemprot hidup-hidup) sampe akhirnya dapet pembimbing Tugas Akhir. Pas ngerjain Tugas Akhir inilah, kerja team gue sama Rinda ada pada puncaknya. Nulis tangan di logbook berlembar-lembar (ini sih Rinda yang banyak nulis, ehehe), nungguin konsul di depan pengajaran sampe berjam-jam, dan banyak hal lainnya yang kami kerjain pas Tugas Akhir. Pada saat-saat inilah kami sering banget “bermasalah”, yang gue sering banget ‘mutung’ lah, yang kerjaan kami stuck ngga ada perkembangan lah, yang revisinya ribet banget lah. Alhamdulillah, semua itu berhasil kami lewati (dengan pertumpahan darah) dan sekarang udah pada jadi S.T. semua. YEY!!!

            Sebagai team yang terdiri dari cowok dan cewek, beberapa orang sempet nanya ke kami, “Kalian berdua beneran ngga ada apa-apa?”. Biasanya sih yang nanya ginian itu ngga pernah liat bentuk gue sama Rinda kalo lagi berdua. YAKELES CYIN. Mau “ada apa-apa” gimana coba kalo setiap ada cowok ganteng lewat, gue sama Rinda sama-sama heboh. *eh. Kami berdua bahkan punya “Adek Unyu Milik Bersama”. Astaghfirullah.

“Dear Rinda,
Makasih ya buat pengertiannya, kerja kerasnya, pengorbanannya, dan lain-lainnya. Maaf juga ya kalo selama ini aku sering mutung, sering marah-marah, sering nyalah-nyalahin. Aku beruntung banget punya temen sekaligus partner sekaligus kawan bergosip kayak kamu. Sukses ya Nda. Suk ketemune meneh nek aku wes dadi mas-mas ganteng sek mangkat kerjo  nganggo kemeja & dasi. Ehehehe.”



==========================

Pada dasarnya kita harus sadar, separation is inevitable. Yang namanya perpisahan itu pasti selalu ada. Yang penting adalah bagaimana kita menikmati dan memaknai setiap momen-momen berharga yang kita alami sama orang-orang di sekitar kita. Sebagai manusia dewasa, hubungan pertemanan itu harus dinamis, karena bertemu dan berteman dengan orang-orang yang baru juga bagian dari menjadi dewasa.

“Growing apart doesn’t change the fact that for a long time we grew side by side; our roots will always be tangled. I'm glad for that. - Ally Condie” 


2 komentar:

  1. Kerennnnn. Juni besok aku juga kp di pertamina plaju loh kak. Doain ya tahun depan dibelakang nama nambah 2 huruf jadi ST.

    BalasHapus

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...