Kamis, 06 Desember 2012

Life of Pi 3D : Bukan Film Bagus Biasa



Hari ini gue nonton Life of Pi. Sendirian. S-E-N-D-I-R-I-A-N. Ditemani hujan,gue dengan nekad naik bis ke Solo Square. Macetnya itu loh,nggak tau kenapa solo jadi alay gini. Biasanya ke solo square Cuma 20 menit,tadi 45 menit baru nyampe. Tapi hujan,dingin,dan macet berhasil terbayar oleh film super keren ini. Kok bisa? So,check it out!


Gara-gara baca beberapa review di internet tentang film ini. Gue mendadak ngebet banget nonton film ini. Life of Pi. Menceritakan tentang seorang Piscine Molitar Patel (bacanya pisin molithar pathel ). Orang india. Anak dari seorang pengurus kebun binatang sekaligus pemilik binatang-binatang di dalemnya. Di masa kecilnya dia sering dibully sama temen-temennya gara-gara namanya,temen-temennya sering manggil dia pake sebutan pissing (yang artinya pipis). Tapi Pi kecil akhirnya mengubah sebutan itu dengan bilang kalo namanya itu berasal dari lambang matematika,phi / π (dibaca pai),dia sampe nunjukin kalo dia apal angka desimal dibelakang 3,14,nggak tanggung-tanggung si Pi ini nulis sampe ngabisin 3 papan tulis.

Pi dari kecil udah di doktrin bapaknya kalo “Religion is darkness”,Agama adalah kegelapan. Tapi Pi nggak percaya,sampai-sampai dia menganut 3 agama. Dia nyembah dewa (hindu),dia juga bikin tanda salib di dada sebelum makan (katolik),dan bahkan sholat (islam).

Semuanya mulai seru saat keluarga Pi,nggak lupa hewan-hewan di kebun binatangnya,pindah dari India ke kanada. Di tengah jalan,kapal yang mereka tumpangi tenggelam gara-gara badai. Yang selamet Cuma Pi,Seekor Zebra,hyena,orang utan,dan macan. Dan mereka terombang-ambing di pantai diatas sebuah sekoci. Satu persatu dari mereka mati. Dan Akhirnya tersisa Pi sama Si Macan di atas sekoci itu. Bisa bayangin kan,seorang manusia,terombang-ambing di atas laut cuma berdua sama seekor macan yang kelaperan. Gimana nasib Pi? Gimana nasib si macan? Silakan tonton di bioskop kesayangan di kota anda! :D

Dari awal udah keliatan kalo film ini bener-bener film 3D! Efek depth’nya kerasa banget,berasa di depan tempatnya lagsung. Efek pop out’nya juga pas banget,nggak lebih nggak kurang. Pokoknya film ini manjain mata banget. Gue bener-bener harus bilang WOW buat sisi visual dari film ini. Setting tengah laut dibikin keren banget-banget. Pas badai juga bagus.  Pemandangan bawah laut juga dahsyat. Adegan ubur-ubur bikin gue melongo,itu keren bangeeet. Intinya,dari sisi visual film ini cetar membahana badai halilintar. Bikin eyegasm deh!!

Tapi nggak Cuma visualnya doang yang keren,dari sisi cerita juga keren. Banyak pesan yang bisa diambil. Tentang Tuhan,tentang Hidup,tentang semangat pantang menyerah,dan lain-lain. Keluar dari bioskop nggak Cuma ke-epic-an visualnya yang gue inget. Tapi pesan-pesannya juga masih membekas. Sesuatu yang jarang gue dapetin dari sebuah film.

Life of Pi berhasil ngasih pesan moral yang un-dijelasin-able (?). Ada adegan yang berhasil bikin gue merinding dari ujung kaki sampe ujung kepala. Yang akhirnya bikin gue buat lebih dan lebih percaya lagi sama Tuhan. Adegan saat Pi yang akhirnya pasrah dan menyerahkan dirinya pada Tuhan,nggak tau kenapa nancep banget di hati.

Ada juga adegan yang bikin mata basah. Cewek dibelakang gue aja sampe nangis sesenggukan. Gue sih cukup berkaca-kaca aja. Hubungan emosional antara Pi sama macannya itu dalem banget. Nggak sekadar hubungan antara hewan dan manusia,tapi ada yang lebih. Hubungan ini juga yang akhirnya bikin gue berkaca-kaca,mbak-mbak di belakang gue sesenggukan,dan juga bikin mas-mas disebelah gue nangis (kayaknya).

Pemain-pemain film ini juga aktingnya juga bagus. Yang jadi Pi berhasil akting natural. Dan walopun tanpa dialog,tanpa deskripsi dari Pi,tatapan mata dari orang utan atopun macan di film ini udah lebih dari cukup buat njelasin apa yang terjadi. Keren banget pokoknya!!

Overall,film ini bagus banget. Film 3D terbaik di tahun 2012 (menurut gue). Film ini berhasil bikin gue merenung sepanjang perjalanan pulang. Ada banyak pertanyaan yang timbul di hati gue. Seberapa besar gue mengartikan eksistensi Tuhan selama ini? Tuhan selalu ngasih yang terbaik buat gue,tapi seberapa seringkah gue ngucapin terimakasih buat Tuhan?

Yah,nggak tau guenya yang lebay ato emang filmnya yang bagus banget,akhirnya gue kasih 9/10 buat Life of Pi.

Buat penutup gue kasih salah satu quote dari film ini :


“All of life is an act of letting go but what hurts the most is not taking a moment to say goodbye.” – Piscine Molitar Patel

Ada lagi,bonus! gambar-gambar yang gue temuin di internet :

Pi lagi merenung

Kayak diatas langit,padahal diatas laut

Efek 3D'nya kerasa banget

Pi sama Richard Parker

Ini nih adegan yang berhasil bikin eyegasm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...