Rabu, 12 Desember 2012

5 CM : Adaptasi yang Keren dari Novel yang Keren



Pagi ini,gue udah galau. Kenapa? Gara2 pas liat website’nya 21cineplex,5 CM hari ini nggak tampil di solo,tapi tetep aja gue akhirnya nekad bolos kuliah kedua buat ke solo grand mall. Dan ternyata websitenya salah. Pas sampe sana,sekitar jam 10.45’an,udah berpuluh2 orang nempel di pintunya 21. Dan poster 5 sm juga udah dipasang. Wuhuuuu. . Gue pun nunggu sambil mencoba licik,ndesek2 maju dan akhirnya sampe di depan pintu persis. Pas pintunya mau dibuka,semua orang sampe tegang gitu. Dan pas pintu dibuka. . . grudug grudug grudug! Semuanya pada lari-larian,sampe2 gue liat ada dua mbak2 yang jatoh nyungsep nyium karpet 21. 

Ada 3 loket tiket. Pas itu gue ada di urutan ke-8 di antrian gue,fiuhh lega.. tapi bentar,itu orang-orang didepan gue beli tiketnya sangar bener. Ada yang Cuma sendirian tapi beli tiket 20 buah! Buseet! Gue mah cukup beli 3 tiket ajah,yang satu buat gue sendiri,yang 2 buat temen gue yang tadi nitip beliin tiket. 

Dan setelah makan trus ke hypermart,akhirnya gue masuk studio buat show yang jam 12:00. Gimana review gue tentang film ini? So,check it out!

===========================================================

5 cm menceritakan tentang persahabatan 5 orang manusia. Ada Riani,mbak2 super cantik dan pinter.  Ada Arial,mas2 atletis maniak kecap. Genta,mas2 leader yang suka ngeliatin Riani. Ian,mas2 gendut yang suka nonton bokep. Dan Zafran,mas2 puitis yang kalo ngomong selalu koplak.

Ceritanya,karena saking seringnya ketemu,mereka sampe bosen sama “kebersamaan” mereka. Mereka pun mutusin buat break bareng-bareng,putus hubungan dulu selama tiga bulan. Tiga bulan mereka menjalani hidupnya sendiri-sendiri. Ada Ian,yang ngejar skripsinya. Ada Zafran yang kerjaannya nelponin Dinda mulu. Dan lain-lain. Oh iya,dinda ini adeknya Arial,cantik banget. . Tapi polosnya itu lohh,bikin ngakak banget.

Nah,setelah tiga bulan,mereka berlima ketemuan lagi. Dan buat merayakan berkumpulnya mereka kembali Genta ngajak sahabat-sahabatnya + Dinda buat naek ke gunung mahameru. Dan disinilah petualangan dimulai! Gimana perjalanan mereka? Silakan tonton di bioskop kesayangan di kota anda. . :D

Sebagai orang yang udah 4 kali baca novelnya,gue merasa puas banget sama film ini. Walopun ada beberapa bagian di novel yang diilangin,tapi nggak tau kenapa film ini tetep bagus aja buat gue. Ceritanya tau sendirilah,buat yang udah baca novelnya pasti udah tau kalo cerita 5 CM itu cetar membahana badai. Dan  di filmnya ini,cerita di novelnya tetep aja cetar.  Bagus pokoknya!

Adegan-adegannya banyak yang koplak banget. Penonton di studio dibikin ketawa mulu. Zafran tuh yang paling sering bikin ngakak. Buat gue adegan yang paling ngakak ya pas zafran nelpon dinda (ada di trailer). Ada kata2 epic dari dinda yang bener2 bikin ngakak. . .


“Dinda kalo di kampus duduk kok,nggak nongkrong. .”


Selain adegan lucu,adegan sedih juga ada. Gue yang selalu cengeng sama film berhasil ngeluarin air mata pas salah satu adegan di atas gunung mahameru. Mbak2 di kiri-kanan gue juga ngusap air matanya kok.

Ada juga adegan yang seru,kayak pas Ian mau naek kereta (sampe sekarang gue bingung,kenapa Ian nggak naek di pintu gerbong sebelumnya aja? Kenapa harus lari2 sama bawa kardus indomie segala?),trus adegan pas pada kejatohan batu juga bikin deg-degan.

Tapi,nggak semua adegan di novel diangkat ke film. Adegan hantunya Adrian nggak ditampilin. cerita genta yang kesasar di mahameru sampe makan odol juga nggak ada. Tapi filmnya tetep asyik kok. Ada juga adegan yang nggak ada di novelnya. Adegan g-string’nya Dinda,salah satunya. Hhahaha :D

Buat cast’nya. Gue rasa udah pas ya. Walopun menurut gue fedi nuril agak kagok ngomong gue-elo’nya. Denny sumargo sama igor saykoji juga masih agak kaku dikit (gue baru sadar kalo igor saykoji ternyata unyu banget gitu,wkwkwkwk). Tapi,gue harus acungin jempol buat herjunot ali,walopun menurut gue dia terlalu ganteng buat jadi seorang zafran,tapi aktingnya pas lohh. . sok puitisnya,mesumnya,enak aja ngeliatnya. Buat raline shah sama pevita pearce. WOW! Cantiknya membahana. Karena saking cantiknya,gue nggak peduli sama aktingnya.  Pokoknya cantik + seksi banget. Adegan g string’nya dinda berhasil bikin gue mak seeerrrr. . :p

Dan yang paling luar biasa dari film ini adalah settingnya. SubhanAllah. Pemandangan mahameru keren banget. Penonton di studio sampe berkali-kali bilang wowww. . gue aja sukses melongo gitu saking kerennya. Ranupane,Danau di Ranukumbolo,puncak mahameru,semuanya itu refreshing mata banget. Sinematografi film ini keren menurut gue,stasiun yang aslinya rame banget + nggak enak diliat,berhasil disulap jadi bagus dan keren. Artis-artisnya juga jadi keliatan good looking banget (emang dasarnya good looking kaleee. . ).

Oh iya,ada yang sedikit berbeda di ending film ini kalo dibandingin sama ending yang ada di novel. Dan menurut gue malah bagus yang di filmnya. Lebih cocok aja,hhaha. Jadi si itu akhirnya nggak sama si itu tapi sama si itu. Penasaran? Tonton filmnya! :D

Overall,5 CM adalah sebuah adaptasi yang keren dari novel yang keren. 5 CM berhasil ngasih ke gue semangat. Keluar dari bioskop gue jadi mendadak semangat gitu. Oiya,rasa nasionalisme juga bakalan kedongkrak gara2 film ini. Mendadak cinta Indonesia pokoknya,hhaha

Buat 5 CM,gue kasih 8,5 of 10.

Sebagai penutup gue kasih quotes dari novel yang keluar juga di filmnya.

“Dan,yang bisa dilakukan seorang mahluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya hanya mereka tinggal mempercayainya”. – Zafran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...