Selasa, 12 Juni 2012

Antara Burjo,Maru dan Orangtua Maru

PROLOG
*muncul dengan kostum pangeran bertopeng*
Okeh,gue,mahasiswa sesat 2012 datang kembali untuk membagi kisah yang sudah lama terpendam (lebay -_-). Semua bermula ketika gue makan malem. Setelah satu hari ini maen di solo square,trus nonton madagascar 3,gue pun kecapekan dan akhirnya males2an dikosan  dari sore,hingga malemnya,ada hasrat yang muncul dari perut gue, . . . GUE BUTUH NASI! tadi pagi gue makan double chicken steak,trus sebelom sampe kosan gue beli bakso,jadilah gue seharian nggak makan nasi. Nah,sebagai nasivora (mahluk pemakan nasi) gue merasa nggak kuat dan melambaikan tangan ke kamera eh,bukan,gue merasa nggak kuat dan akhirnya melangkahkan kaki ke burjo deket kosan gue. .. dan cerita antara burjo,marudan rang tua maru pun dimulai. . . . *jeng jengggggg!!*

BURJO
Burjo,kependekan dari buBUR kacang iJO (katanya),meruapakan salah satu tempat makan yang pastinya udah nggak asing lagi buat para mahasiswa yang hidup ngekos. Kalo ada mahasiswa yang ngekos tapi nggak tau burjo,perlu dipertanyakan,siapa bapaknya? siapa mantannya? #okenggaknyambung. Sebenernya gue bingung,kenapa dinamain burjo? kenapa nggak yang lain? oke,salah satu produk mereka itu bubur kacang ijo,tapi kenapa harus bubur kacang ijo yang dipilih jadi maskot? kenapa namanya bukan NALOR (NAsi teLOR)? kenapa namanya bukan NASARLOPAYUNGKESAMBEL (nasi sarden telur pake sayur nggak pake sambel)? (oke,yang terakhir mungkin kepanjangan). Gue cuma kadang2 ngerasa,nggak adil banget sih,ini namanya diskriminasi,seharusnya ada emansipasi nasi telor,emansipasi mie goreng,dan emansipasi lainnya. . .
Oiya,ada satu fakta menarik,mau tau? mau tau banget? mau tau banget ato mau tau aja? #dilemparnasitelor. Mayoritas waiter dan waitress di burjo itu orang jawa barat,dan gue bingung,kenapa harus jawa barat?kenapa nggak korea? kenapa nggak. . #stop. Intinya,kebanyakan dari mereka itu orang sunda. Selain itu,dari pengamatan gue,banyak orang yang mendadak sunda kalo ngomong sama mereka (kayak gue). Di burjo,bakalan sering terdengar istilah 'aa' dan 'tetek teteh'.

MARU
Maru,singkatan dari MAhasiswa baRU (di daerah lain kadang disebut maba),adalah julukan buat anak2 SMA yang baru aja lulus dan akhirnya keterima di universitas. Maru merupakan salah satu objek balas dendam yang sempurna bagi orang2 yang dendam pas ospek. Maru bisa dibilang salah satu mahasiswa yang paling berat bebannya (selain maru,ada juga yang menanggung beban berat,mereka adalah MADI (MAhasiswa abaDI) dan juga MATA (MAhasiswa Tugas Akhir)).Selain harus ngadepin ospek yang kadang bikin stress,dan kakak tingkat yang kadang kelakuannya minta ditendang ke kutub utara,maru juga harus ber-adaptasi terhadap semua hal baru yang ia hadapi saat masuk ke dunia perkuliahan. Nah,akhir-akhir ini banyak maru yang bertebaran di daerah kampus,mereka dateng buat daftar ulang,dan juga tes snmptn (yang ini bisa disebut maru nggak ya?mereka kan belom tentu keterima jadi mahasiswa . . #upss!)

ORANG TUA MARU
Yang ini nggak usah dijelasin. ..  -____________-

ANTARA BURJO,MARU,DAN ORANG TUA MARU
Nah,kita lanjut ke te ka peeeeee.. . eh,bukan,kita lanjut ke cerita utama tadi (yang gue ke burjo buat makan malem). Setelah sampe burjo,gue langsung dikagetkan dengan sosok gaib berwujud cewek berkerudung,yang akhirnya gue sadar kalo itu manusia. Dari pengamatan gue,gue yakin banget itu salah satu maru! yakin seyakin-yakinnya!  Dengan logat daerah kebumen yang luar biasa dahsyat menggemparkan dunia,tuh cewek nanya-nanya mas2 burjo. Di burjo,menu2 di daftar menu itu disingkat-singkat,kayak Intel Goreng (INdomie TELur goreng),dsb. Si cewek itu dengan pedenya nanya-nanya hampir semua singkatan di daftar menu,dengan suaranya menggelegar pula. Contohnya : "Mas,intel goreng si apa?",masnya jawab "Indomie Telur Goreng",trus cewek itu nanya lagi,"Nek intel rebus apa mas?? (trans : kalo intel rebus apa mas)",pliss,dehh. . otak dipake dikit donk. . kalo udah tau intel itu indomie telor kenapa harus ditanyain lagi?? -_-. Ke-sesuatu-an cewek itu nggak berakhir disini,dia pun minta tempe goreng yang udah dingin buat dipanasin lagi,masnya bingung donk,biasanya di burjo,kalo ada gorengan dingin ya udah,kalo nggak suka ya nggak dibeli. . jarang banget banget banget yang minta dipanasin lagi. Karena mas2 burjonya bingung,akhirnya tempe itu digoreng ulang,tapi apa yang terjadi? tempe itu berakhir tragis dengan hangus dan gosong tergoreng dipenggorengan. Komplain dengan bahasa kebumen pun keluar dari mulut cewek itu,sampe2 semua pengunjung burjo pas saat itu noleh ke arah dia. Senorak-noraknya gue,gue nggak bakalan pake bahasa daerah dengan sangat keras di tempat yang terlalu umum dan universal kayak burjo. Gue pun akhirnya cuma bisa berdo'a. ya Tuhan,jangan jadikan semua cewek maru seperti ini,setidaknya sisakan satu yang normal untuk saya  #modus

Semua belum berakhir,di sebelah gue ada ibu-ibu dan seorang cewek muda lagi duduk dengan ekspresi muram,gue yakin kalo mereka punya hubungan ibu-anak (tapi bisa aja anaknya ketuker. . #overdosisSinetron). Dan gue juga yakin kalo yang cewek remaja itu maru (ya iyalah,masa ibu-ibunya yang maru). Kayaknya,mereka itu lagi nungguin pesenan makanan,tapi udah lama,jadinya mukanya cemberut gitu. Pesenan gue pun akhirnya dateng,nah,pas liat pesenan gue dateng,si ibu-ibunya langsung berubah jadi super saiya eh,bukan, ibu-ibu itu langsung bicara sama mas2 burjonya dengan nada tinggi "MAS,LHA MAS'E IKI WIS ENTHUK *sambil nunjuk gue* KOK PESENANKU DURUNG DADI? PADAHAL AKU WIS NGENTENI DHISIK?? (trans : mas,mas-mas yang ini udah dapet *nunjuk gue* kok pesenan saya belum jadi? padahal saya udah nunggu duluan). Dan mas-mas burjo'nya pun cuma bisa menatap dengan tatapan-ibu-ngomong-apa-saya-nggak-ngerti. Setelah mikir lama,mas-mas burjonya mungkin akhirnya ngeh,trus,bilang "lha ibu pesen apa?", "LAH PIYE TOH? KOK LALI?AKU PESEN MIE GORENG ISTIMEWA!! (trans : gimana sih? kok lupa? aku pesen mie goreng istimewa)". Masnya pun sadar kalo dia melupakan sesuatu yang sangat penting,dia seharusnya tau,gara-gara lupa,dia bisa aja dimakan hidup-hidup sama ibu-ibu yang ganas itu. Gue pun jadi nggak enak sama ibu-ibunya (sebenernya takut juga sih). Pas gue selesei makan,ibu-ibunya langsung ngomong ke anaknya "lah itu masnya udah selesei kita belum dapet! (dalam bahasa jawa)" *sambil nunjuk gue (lagi)*. Ibu-ibu itu pun ngetok-ngetok meja keras banget (gue nggak tau ini tujuannya apa,nakut2-in mas2 burjonya kali ya?). Karena takut suasana memburuk,trus nanti ibu-ibunya berubah jadi zombie trus nggigit gue trus gue jadi zombie (ini tiba-tiba nyambung ke zombie dari mana coba?),gue langsung mbayar dan melarikan diri dari ibu-ibu tersebut. Gue cuma berharap semua kru burjo baik-baik saja dan nggak berubah jadi zombie gara-gara digigit ibu-ibu-zombie-yang-pesenannya-nggak-dateng-dateng itu.

Demikian cerita gue,pesan gue,sikatlah gigi dua kali sehari,sesudah sarapan dan sebelum tidur malam. Seenggaknya saat elu ngadepin situasi kayak yang gue alamin diatas,elu bisa nggigit ibu-ibu-zombie sekaligus cewek-maru-orang-kebumen dengan gigi elu yang sehat dan terawat.


- TAMAT  -

2 komentar:

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...