Jumat, 22 November 2013

Review Film The Hunger Games : Catching Fire

Happy hunger games! May the odd be ever in your favor!

Setelah melewati penantian panjang,akhirnya hari ini gue nonton film lanjutan dari 'The Hunger Games'. Perjalanan gue sampai nonton Catching Fire itu lumayan berliku-liku,berawal dari nonton trailer Hunger Games di metro tv,trus nonton hunger games versi cam dari ganool,trus nonton di XXI,trus beli dan baca semua novelnya (Hunger Games – Catching Fire – Mockingjay),trus akhirnya cuma bisa melongo menunggu Catching Fire rilis di bioskop. Catching Fire adalah film  yang bener-bener gue ikutin proses pembuatannya,mulai dari casting,shooting sampe bocoran-bocorannya gue cari infonya.
dan semuanya terbayar malam ini...



THE HUNGER GAMES : CATCHING FIRE menceritakan tentang kehidupan Katniss Everdeen setelah memenangkan Hunger Games ke-74. Katniss hidup ‘nyaman’ bersama Prim dan Ibunya di desa pemenang. Tapi kenyamanan itu harus terusik karena Katniss harus kembali ke arena hunger games untuk melawan pemenang-pemenang hunger games di tahun-tahun sebelumnya. So,gimana nasib Katniss? Saksikan di bioskop terdekat di kota anda!

Okeh,cuma itu sinopsis yang bisa gue kasih. Buat kalian yang mau nonton film ini gue menyarankan buat baca novelnya dulu,gue jamin,feelnya lebih dapet. Trus jangan lupa nonton film pertamanya (WAJIB!),karena kalo enggak nonton film sebelumnya,kalian bakalan cengo sendiri dan akan muncul terlalu banyak pertanyaan di pikiran kalian kayak “Kok ini bisa gini sih,kok itu bisa gitu sih?”.

Sekitar 2/3 awal film berjalan dengan santai,lambat tapi enak diikutin. Seru yang bener-bener seru dimulai pas Katniss udah masuk arena. Gue sih udah meng-antisipasi hal ini,karena pas baca novelnya juga gitu,awalnya lambat (dan sedikit boring) tapi jadi bener-bener seru pas udah di arena.

Ceritanya lumayan serius dan durasinya lama. Hampir dua setengah jam. Jadi pastikan kalian bener-bener fit pas mau nonton film ini. Gue tadi nonton bareng sama anak-anak teknik yang jam tidurnya terenggut oleh kejamnya dunia perkuliahan,jadi pada ngantuk sendiri di awal-awal. Tapi sebenernya kalo diikutin bener-bener,seru kok. Kalo film pertama itu lebih memamerkan serunya bunuh membunuh. Catching Fire menurut gue lebih mengangkat sisi kemanusiaannya.

Penggunaan spesial effect di film ini cukup ‘biasa’. Ya gitu-gitu doang sih,nggak bikin wow macam di ‘Gravity’ atopun ‘Life of Pi’ (ya nggak sebanding juga sih kalo mau dibanding-bandingin..). Ada beberapa yang menurut gue sedikit maksa (misal : pas baju pengantin katniss tiba-tiba berubah jadi item lengkap dengan seperangkat sayap dan bulu-bulunya,CGInya keliatan banget). Walaupun begitu penggambaran yang muncul di film ini sesuai sama apa yang gue bayangin pas baca novelnya. Konsep cornucopia dan arenanya emang udah keren dari novelnya,di filmnya jadi lebih keren lagi..

Jennifer Lawrence di Catching Fire bener-bener tampil maksimal. Almost perfect. Keren banget aktingnya. Katniss Everdeen sukses digambarkan sebagai ‘hero’ di film ini. Peeta Mellark tambah cakep,Effie Trinklet tambah rempong. Trus ada Finnick Odair yang senyumnya... ihiiirrr. Ada juga Johanna Mason yang bener-bener GAHAR (apa? Annisa gahar?).

Satu yang gue suka banget dari film ini adalah kostum pemain-pemainnya. Cara berpakaian Katniss sama Peeta itu oke banget. Sweater-sweaternya Peeta bagus-bagus,di Solo yang jualan kayak gitu dimana ya? Oke,ini nggak penting.  

Sebagai seseorang yang udah baca novelnya sekitar 4-5 kali,gue puas banget sama film ini. Filmnya bener-bener “setia” sama novelnya. 95% sama! Yah,walopun ada yang beda dikit sih.. Menurut gue ada dilema tersendiri buat gue sebagai pembaca novelnya,di satu sisi gue bisa tau ‘kok bisa gini-kok bisa gitu’,tapi di sisi lain gue jadi tau keseluruhan isi film ini termasuk konflik-ending-dan-segala-macem-gitu-gituannya.

Oiya,spoiler dikit,film ini mengandung (terlalu) banyak adegan kissing. Dikit-dikit nyosor,dikit-dikit nyosor,duh.. 

Overall,Catching Fire merupakan film yang keren.
Lebih bagus dari film pertamanya.
Cerita oke,
Cast oke,
recommended!

Buat yang belom baca novelnya,nonton aja langsung nggak apa-apa kok,temen-temen gue (yang emang belom baca novelnya) fine-fine aja tuh..

THE HUNGER GAMES : CATCHING FIRE >> 8,5 of 10.

4 komentar:

  1. Keren... tinggal tunggu lanjutanya yg gantung...
    Hahahaha emosi secara nunggu2 banget ini film...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lanjutannya menarik.. novelnya agak ngantukin soalnyaa..

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. min lanjutan catching fire apaan si min?

    BalasHapus

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...