Kamis, 19 Mei 2016

Menuju ODP Mandiri Part 1 : The Journey & Persembahan


“Mungkin emang bukan jalan gue buat kerja di bank.” – Oktober 2015

“Gue pengen kerja di tempat yang kalo orang nanya, gue cukup nyebut nama perusahaan tempat gue kerja dan orang tersebut udah langsung ngerti.” – Januari 2016

“Aneh ngga sih kalo aku pengen berjuang lagi buat di bank Mandiri?” – Januari 2016


Wadaslintang, 18 Mei 2016
Tadi siang, sekitar jam 12 kurang dikit, hape gue bunyi. Ada yang telepon, nomer Jakarta. Jantung gue langsung berdebar-debar, perlahan tapi pasti gue angkat terlpon tersebut,

(MMM = Mas Mas Mandiri, G = Gue)
G : Halo, selamat pagi? (saking groginya, udah jam 12 masih gue sebut pagi)
MMM : Selamat siang, benar dengan mas Eka Yoga Ramadhan?
G : Iya, benar
MMM : Jadi gini mas, saya .... (duh, lupa namanya) dari bank Mandiri, mau menanyakan, kalau in class training Minggu depan, mas bisa tidak?
G : Hah? (gue kaget, belom siap menerima kenyataan)
MMM : Iya mas, Minggu depan, bisa tidak?
G : BISA!! BISAAAA MAS!! BISAAA!!
... (pembicaraan berlanjut soal teknis dan lain-lain).

Alhamdulillah, setelah 8 bulan nganggur, puluhan (bahkan ratusan) kali ngirim lamaran, 5 kali jobfair, 13 kali psikotes, 7 kali wawancara, 3 kali LGD/FGD, akhirnya bisa keterima kerja juga. Sekali lagi, alhamdulillah.

Kalian yang mengikuti perjalanan ‘karir’ gue pasti tau kalo tahun kemaren gue sempet gagal seleksi di bank Mandiri. Tahun kemaren, sekitar bulan Oktober, gue gagal di tahap LGD (Leaderless Group Discussion), tahap kelima dari tujuh tahapan yang ada, dan itu rasanya sakit banget di hati. Gelombang kekecewaan gue saat itu sungguh sangat berlebih. Gue sempet down, ngga tau harus ngapain. Hidup gue sampai titik itu lancar-lancar aja, gue belum pernah mengalami kegagalan yang cukup berarti sebelumnya. Tapi dari kegagalan tersebut akhirnya gue belajar banyak soal kegagalan itu sendiri. Mengutip dari apa yang Alfred katakan di film “Batman Begins” : “Why do we fall, sir? So that we can learn to pick ourselves up.”

Bulan Januari, gue tau kalo Mandiri bakalan buka stand lagi di job fair UGM. Saat itu gue bingung, daftar lagi ngga ya? daftar lagi ngga ya? Akhirnya gue tanya ke Mamake & Bapake,  gue curhat ke teman-teman terdekat gue dan ternyata mereka mendukung gue untuk melanjutkan harapan gue yang pernah kandas. Sejak saat itu, gue me-rededicate hidup gue. Berbekal pengalaman gue yang pernah gagal sebelumnya, gue mendaftarkan diri lagi, mengulang tahapan seleksi dari awal lagi.

Singkat cerita (cerita soal tahapan seleksi bakalan gue ceritain di post selanjutnya), gue akhirnya dapet undangan penandatanganan offering letter ODP Mandiri di Plaza Mandiri, besok Senin, 23 Mei 2016.

Setelah sampai tahap ini, semua lelah dan sakit yang pernah gue rasakan rasa-rasanya terbayar sudah. Gue tau, jalan di depan gue masih panjang, tapi gue bahagia gue bisa sampai di titik ini.

Selama gue berjuang buat kerja di bank, ada banyak ‘saran’ pedes yang masuk ke telinga gue :

 “Ngga usah daftar di bank, paling juga ngga keterima, bank itu buat anak-anak ekonomi.”
“Kalo masih fresh graduate, ngga usah muluk-muluk pengen kerja di perusahaan gede.”
“Kamu itu terlalu idealis, ntar paling juga nyerah sendiri kalo udah kelamaan nganggur.”
“Udah lah, ngga usah terlalu ngoyo buat kerja di bank, ngga keterima juga kan? Cari yang lain ada deh.”

Belum lagi sindiran-sindiran soal status gue yang pengangguran

“Udah sarjana kok nganggur.”

“Percuma disekolahin mahal-mahal sampe sarjana kalo akhirnya masih jadi beban orang tua juga.”

Bahkan ada yang secara terang-terangan bilang ke Mamake, “Bu, anaknya jangan di rumah aja, kalo kelamaan diem di kamar, ntar bisa jadi gila lho~” (FYI, yang bilang gini orangnya ngga bercanda). Seriously, that is an insult to my inteligence.

Gue yakin mereka-mereka ini, yang menasehati gue, niatnya baik. Tapi apakah mereka tahu bahwa, somehow, nasehat mereka ini bisa mematahkan semangat orang. Kalo soal sindiran menyangkut status sarjana dan pengangguran, gue no comment deh, kesel gue, ntar kalo gue tumpahkan segala uneg-uneg gue di sini, jatohnya bakal jadi hate speech.

Buat kalian yang sekarang masih berjuang, buat teman-teman fresh graduate di luar sana, gue pesen : Jangan pantang menyerah. Kalo kalian pengen sesuatu, ya perjuangkan. Oiya, jangan takut nganggur. Nganggur itu sebuah fase kehidupan. Prinsip gue sih nggapapa nganggur kalo demi ‘akhir’ yang lebih baik. Selama gue nganggur, gue bisa menghabiskan waktu lebih banyak sama Mamake & Bapake, gue anggap nganggur-nya gue itu semacam blessing in disguise. Pada akhirnya, gue nganggur 8 bulan, disindir di sana sini, gagal berulang kali, tapi gue tetep percaya sama cita-cita gue di awal : gue pengen kerja di perusahaan gede.

Sebagai penutup, gue ingin mengucapkan terimakasih dan mempersembahkan semua ini untuk :
- Allah SWT. Alhamdulillah. Segala puji untuk Allah.
- Mamake & Bapake, untuk segala jenis support moral dan materi. Untuk tidak pernah berhenti memberi semangat ke gue. Untuk do’a tiada hentinya Untuk tetap bertahan dari segala sindiran.
- Semua teman-teman yang udah luar biasa memberi semangat, do’a, waktu dan segala hal lainnya. Gue ngga yakin gue bisa sekuat ini kalo tanpa kalian. Terimakasih Fadi, Rinda, Dita, Samasta, Guntur, Qomar, Arini, There, Nida, dan masih banyak teman lain yang kalo gue sebutin semua, post-nya bakal kepanjangan (dan gue males juga ngetiknya)
- Untuk teman-teman yang rajin banget ngirim lowongan kerja ke gue, makasih ya dan selamat, mulai sekarang ngga usah repot-repot ngasih tau gue lagi. ehehehehe
- Orang-orang hebat yang gue temui selama rekrutmen ODP di Jogja, Tazya, Mba Ar, Heru, Dhindha, Fitri, dan yang lain yang gue lupa namanya (ehe). Gue yakin Tuhan akan memberikan jalan lain yang terbaik untuk kalian. Amin.
- Geng setrong ODP Mandiri dari Jogja : Mba Tini, Arum, mba Citra, Ketrin. YEEEYY! Akhirnya kata-kata ini jadi kenyataan juga : “Sampai jumpa di Jakarta ya. :) “
-  dan semua pihak yang memberikan dukungannya, sekali lagi, terimakaaassssiiiihhhh!


P.s. :
- Sebenernya selama 8 bulan, hidup gue ngga se-pathetic yang kalian bayangkan, gue udah diterima di dua perusahaan lain, guenya aja yang idealis, ngeyel dan teguh pada pendirian kalo gue mau kerja di perusahaan gede. :p

1 komentar:

  1. bagi infonya dong gan, upload foto di mandiri workable kok gagal terus ya, udh coba cari review sana sini ga ada yg bisa ngejawab masalah. boleh minta tolong kirim jawaban lewat email ratnadewikintan04@gmail.com makasih sebelumnya :)

    BalasHapus

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...