Kamis, 26 Juni 2014

Random Post #6 : Just... random

- Bentar lagi gue berangkat KP. Sabtu minggu depan gue udah terbang ke Palembang.. Minta doa’nya ya guys,semoga gue baik-baik disana dan nggak ada yang tergoda buat memproses gue jadi empek-empek palembang. Buat yang mau nitip empek-empek,nggak usah deh,yoganya lagi nggak ada duit lebih (lain kasus kalo kalian ngasih uang saku tambahan buat gue). Mamake juga minta dibeliin oleh-oleh,apa ya? Kerudung motif empek-empek? Ada nggak sih?
Bagian paling berat dari KP di Palembang adalah gue harus menghabiskan sebagian besar bulan puasa  sekaligus lebaran di sana. Huft. Sisi positifnya,gue jadi ada yang nemenin sahur sama buka puasa (ciyeee...). Sisi negatifnya,gue jadi nggak bisa lebaran sama mamake & bapake. Sebagai aset investasi (re : anak) satu-satunya,setiap lebaran gue selalu tampil bahagia,bertiga kemana-mana sama mamake & bapake. Gue nggak bisa bayangin pas gue harus nelpon mamake buat minal aidin wal faidzin,pasti bakalan sedih banget,ngabisin pulsa banyak soalnya.

- Dari telpon mamake,gue dapet kabar kalo bapake sekarang gundul-alus-plonthos-mulus. Untung di Wadaslintang nggak ada lampu taman yang bunder-bunder itu,kan bahaya kalo ketuker. Gue rasa bapake ini terlalu menjiwai bisnis keluarga gue,mentang-mentang usahanya di bidang telor-perteloran,kepalanya jadi di mirip-miripin sama telor. Ampun paakkk...

- Emm.. diantara kalian pasti banyak yang nanya : “Yoga kan orang desa,kok ngomongnya gue-elu-gue-elu sih? Kok blagu sih?”. Waktunya klarifikasi. Gini,jadi gue ini emang tumbuh besar di daerah yang jauh dari hiruk pikuk peradaban dunia. Disana nggak ada alfamart,nggak ada lampu merah,nggak ada bioskop,nggak ada mall (adanya cabe-cabean yang merajalela dan menguasai berbagai sektor kehidupan masyarakat,eh,maap..). Orang-orang disana biasa berkomunikasi dengan bahasa isyarat logat semi ngapak. Logat semi ngapak adalah logat ngapak yang pengucapan huruf ‘a’nya nggak perlu buka mulut lebar-lebar,selain itu dalam logat ini pengucapan huruf ‘k’nya juga nggak terlalu ditekan (yang jawa harusnya ngerti). Gue pun masih fasih kalo ngomong pake logat tersebut. 
Trus kenapa gue harus sok-sokan pake gue-elu-gue-elu? Semua itu adalah bagian dari adaptasi. Semua tergantung dari dengan siapa gue berkomunikasi. FYI,gue berkomunikasi dengan empat logat : kalo lagi bicara sama mamake,bapake & orang wadaslintang,gue bakalan pake logat semi-ngapak ala wadaslintang; Kalo berkomunikasi sama temen gue yang emang orang jawa tapi non-wadaslintang,gue bakalan pake logat jawa-solo,yang ada kata-kata ‘opo?’,’mrono’,dan semacam itu; Kalo berkomuniasi sama saudara-saudara gue yang dari Cianjur,gue bakalan pake logat sunda (gini-gini gue juga orang sunda lho.. makanya muka gue udah kayak lalapan basi..); dan kalo lagi berkomunikasi sama temen dari kota-kota gede macam Jakarta dan sekitarnya,gue bakalan pake gue-elu-gue-elu,mungkin awalnya cuma nyoba-nyoba tapi berakhir kebiasaan dan gue udah sampai di level di mana akan menjadi sangat awkward kalo tiba-tiba gue ngomong ‘aku-kamu’ sama anak-anak Jakarta. Geliihhh... Tapi yakinlah,gue udah cukup berpengalaman buat memilah cara berkomunikasi dengan berbagai macam jenis manusia,gue nggak bakalan ngomong ‘gue-elu’ atopun pake logat ‘jawa-solo’ kalo lagi ngobrol sama orang Wadaslintang,gue udah cukup dewasa untuk bisa menempatkan diri dan cara berkomunikasi. 
Trus mungkin ada yang tanya “kenapa di blog,di media sosial,Yoga pake lu-gue-lu-gue? Sok-sokan?”,trus kalo sok-sokan kenapa heh?? Masalah buat loo??! Lo siapa ngatur-ngatur cara gue berkomunikasi??! Ya keleus gue ngeblog-ngetwit-ngepath pake bahasa ngapak,bukannya mau sombong,selain emang banyak temen gue yang nggak ngerti,it must be so weird kalo pagi-pagi tiba-tiba gue ngetwit “nyong nembe tangi ki,cangkem’e nyong isih mambu..”,aneh kan? Sekali lagi,awalnya emang sok-sokan tapi kemudian berakhir menjadi kebiasaan. Bukan bermaksud sombong,karena kata mbak Hana kita sebagai manusia nggak boleh sombong (nggak tau mbak Hana? Berarti lu bukan anak gaul syariah). 
Buat orang yang emang nggak nyaman,yang berpikiran ‘iyuhh,Yoga sok-sokan banget’... waktunya gue bilang ‘iyuhh elu norak banget’,ini gue dan ini cara gue berkomunikasi,buat yang nggak nyaman,just bye.

- Eh.. udahan ah marah-marahnya.. jadi gini,beberapa waktu terakhir ini gue dapet ‘sweet distraction’ (if you know what i mean.. hhaha). Akhir-akhir ini tweet,status bbm & postingan path gue nggak jauh-jauh dari kode.  Buat kamu yang merasa dikode,ini lagu buat kamu. Iya,kamu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

7 Hal Yang Gue Pelajari di Umur 23 Tahun

Happy birthday to me!! Ehe Ehe. Ndak terasa tiba tiba udah 23 tahun aja, perasaan baru tahun kemaren ngerayain ulang tahun yang ke 22. Ehe ...